4 Kesalahan Marketing yang Perlu Anda Hindari

4 Kesalahan Marketing yang Perlu Anda Hindari


PENULISKONTEN.ID - Pemasaran atau marketing merupakan kegiatan yang penting dan harus ada dalam setiap bisnis. Pemasaran yang tepat akan membuat bisnis Anda semakin baik karena membuat usaha lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Begitu pula sebaliknya, pemasaran yang buruk akan membuat bisnis menjadi rusak atau bahkan bangkrut. Sebab itu, Anda perlu untuk mengetahui berbagai kesalahan marketing agar dapat menghindari hal tersebut.

Strategi marketing yang salah mengakibatkan berbagai masalah dan kerugian. Kerugian ini mungkin baru dapat ditutupi setelah beberapa tahun, atau bahkan membuat usaha Anda gulung tikar. 

Anda bisa menghindari hal ini dengan mengetahui apa saja kesalahan marketing yang umum terjadi

Memiliki Tim Marketing Sendiri

Memiliki sebuah usaha bisnis tentu membutuhkan berbagai pertimbangan dalam menerapkan divisi bisnis. Memiliki tim khusus untuk marketing tentu memiliki keuntungan tersendiri seperti mudah diawasi, bisa bertukar pikiran untuk strategi marketing dengan mudah, bisa memberikan kesempatan promosi untuk karyawan dan lainnya.

Namun, terkadang memiliki tim khusus justru memberikan biaya tambahan yang jauh lebih besar daripada manfaat tim tersebut. Merekrut karyawan ahli dan berpengalaman tentunya mahal, tetapimerekrut yang tidak ahli justru dapat membuat brand bisnis dan pelanggan Anda menjadi kecewa. 

Inilah kesalahan marketing pertama yang perlu untuk Anda pertimbangkan dengan matang.

Oleh karena itu, jika usaha Anda masih berada pada kategori UMKM maka gunakanlah jasa marketing freelancer yang terpercaya, namun masih dalam jangkauan bujet. Seperti PenulisKonten.id.

Cara ini cukup baik karena memberikan efek marketing yang jelas dengan biaya yang mudah untuk Anda perkirakan.

Namun, Anda akanu membutuhkan komunikasi yang efektif untuk memberikan arahan dan keinginan masing-masing. Selain itu pertimbangkan juga masukan dari freelance marketer sehingga Anda bisa membuat strategi marketing yang lebih baik.

Melupakan Voice Search

Bisnis saat ini pasti melakukan pemasaran baik secara manual ataupun digital. Nah, pemasaran secara digital pastinya memanfaatkan teknologi internet dan smartphone. Sebab, pengguna smartphone merupakan yang terbanyak di dunia, dan khususnya di Indonesia. 

Tahukah Anda, bahwa pengguna voice search dengan memakai Siri, Alexa dan lainnya pada smartphone merupakan salah satu terobosan bagi marketing.

Karena dengan perintah suara (baik itu satu kata ataupun kalimat) setiap pelanggan bisa mencari berbagai informasi yang mereka butuhkan. Setiap perintah yang dibuat akan dicerna oleh sistem tersebut sehingga menghasilkan pencarian yang mereka butuhkan.

Anda bisa melakukan pemasaran dengan menyesuaikan kata kunci pada website dengan pencarian melalui suara tersebut. Hal ini akan mudah digunakan jika Anda menerapkan long tail keyword. Tetapi, sebelumnya, pastikan kata kunci tersebut sesuai dengan bisnis Anda sehingga setiap pencarian suara oleh user akan membuat Google mengarahkan pencarian tersebut ke website bisnis Anda. 

Melupakan hal ini justru menjadi salah satu kesalahan marketing yang biasa terjadi bagi pengusaha pemula ataupun yang berpengalaman.

Tone-deaf Marketing

Kesalahan marketing yang berikutnya adalah tuli akan keadaan sekitar. Perlu Anda ketahui bahwa isu-isu yang ada di dunia juga berpengaruh pada pemasaran. Contohnya saja ketika slogan “black lives matter” yang terjadi di Amerika, yang membuat berbagai perusahaan di Amerika atau negara lainnya jadi berusaha menghindari iklan yang dapat menyinggung suatu ras.

Selain itu, ketika suatu isu atau kejadian penting terjadi Anda bisa mengulur waktu pemasaran. Hal ini dapat dilihat ketika perilisan PS5 yang lebih lama dibandingkan dengan rencana awalnya. Hal ini dikarenakan isu black lives matter tersebut, di mana perhatian dunia tertuju pada isu SARA. Setelah isu tersebut mereda, barulah perilisan PS5 dilakukan.

Sebenarnya perilisan konsol game tersebut ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Namun, dengan isu SARA sebelumnya, maka perhatian orang-orang akan beralih. Tentunya percuma melakukan perilisan pada waktu tersebut karena besar kemungkinan produk tersebut tidak diperhatikan.

Sedangkan di Indonesia, isu yang akan selalu hangat adalah masalah halal dan haram produk makanan. Jika suatu produk yang sebelumnya diyakini halal ternyata haram setelah dicek, maka dapat dipastikan produk tersebut akan ditinggalkan masyarakat.

Black Hat Marketing

Kesalahan marketing yang terakhir adalah menggunakan black hat marketing pada pemasaran digital

Perlu Anda pahami, melakukan pemasaran secara digital atau online bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti membuat iklan di berbagai situs, membuat postingan website dan lainnya. Tentu saja semuanya haruslah sesuai dengan ketentuan Google.

Namun, pemasaran digital ini bisa dilakukan dengan cara tidak sehat atau ilegal, yang kemudian dikenal dengan black hat marketing. Caranya bisa dengan spam kata kunci, membeli backlink dari sumber yang tidak baik dengan tujuan agar website tersebut naik ke peringkat pertama pencarian Google dengan keyword tertentu, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, bahwa algoritma Google saat ini mampu membaca setiap gerak website, trafik, dan lainnya dengan baik. Jika Google membaca website tersebut melanggar aturan maka situs itu akan terkena penalti.

Jika hal ini terjadi, maka pemasaran secara digital akan menjadi sia-sia, karena user tidak akan menemukan website Anda di halaman pencarian Google. Selain itu, usaha untuk meningkatkan peringkat tersebut akan menjadi semakin sulit terutama setelah terkena penalti.

Nah,bagaimana? Pastikan supaya Anda menghindari 4 kesalahan digital marketing di atas ya, agar bisnis Anda dapat menghasilkan profit.

Anda perlu bantuan? PenulisKonten.id ada di sini. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?