Peluang Usaha Online yang Bisa Dimulai di Masa New Normal


Peluang usaha online muncul karena kebiasaan baru di masyarakat seiring pandemi corona ini. New normal membuat kita lebih berhati-hati dalam mengatur keuangan. Selain itu, kehidupan dunia virtual pun akan semakin berkembang. Masyarakat juga lebih memilih layanan kesehatan online. Selain itu, sebagian besar masyarakat akan tetap memilih untuk berkegiatan di rumah.

Peluang usaha online ini dijalankan oleh banyak pelaku usaha bukan hanya sebagai produsen, tapi juga penjual. Media sosial dan marketplace memudahkan banyak orang untuk memasarkan dagangannya. Indonesia bersiap menuju new normal alias normal baru. Namun, masih banyak orang masih takut keluar rumah karena pandemik virus corona memang belum usai. Beberapa perusahaan pun masih menerapkan work from home (WFH).

Para pelaku bisnis membuka peluang usaha online karena adanya perubahan perilaku masyarakat selama menjalani physical distancing Covid-19. Terutama bila Anda baru merintis atau memulai bisnis memulai bisnis . Bisnis modal kecil atau besar Anda pasti masih bingung. Yuk, cek daftarnya! Apa saja peluang usaha online di new normal ini?

7 Peluang usaha online yang bisa dicoba

1.       Berjualan kebutuhan di marketplace

Peluang usaha online yang pertama ini sangatlah mudah dan efisien. Jika Anda sebelumnya memiliki toko klontong yang terpaksa ditutup lantaran corona, kini dapat menjual berbagai barang dagangan Anda dengan membuka bisnis online di marketplace besar seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee. Keistimewaan dari memakai marketplace ini adalah jangkauan pembelinya lebih luas sehingga memiliki potensi menaikkan keuntungan lebih besar.

Anda bisa menyediakan kebutuhan sehari-hari selengkap-lengkapnya seperti perlengkapan dan kebutuhan bayi, perlengkapan mandi, bumbu dapur, bahan makanan mentah, dan lain sebagainya. Peluang bisnis ini sangatlah besar jika Anda tekun dalam membuat promosi menarik agar konsumen tertarik membeli barang dagangan Anda.

 2.    Coaching soal finansial

Sekarang pun banyak akun media sosial atau media yang menyediakan konten edukasi finansial yang mudah dicerna oleh audience-nya. Jadi hal ini sudah tidak asing lagi. Mulai dari cara mengatur keuangan, dana darurat, sampai tip berinvestasi.

Tetapi dengan perubahan perilaku orang yang akan semakin hati-hati dalam mengatur keuangan, bisnis coaching seputar finansial tentunya akan semakin diminati. Jadi untuk Anda yang memang memiliki latar belakang ilmu yang sesuai, tidak ada salahnya mencoba merintis jenis bisnis seperti ini. Semakin banyak orang yang “melek” akan financial. Jadi ini peluang pekerjaan bagus untuk Anda mulai.

 3.    Jual minuman sehat (jus atau jamu)

Pandemi COVID-19 menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan dan imun tubuh. Untuk itu permintaan terhadap produk kesehatan dan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh pun menjadi tinggi baik itu yang berbentuk multivitamin atau yang langsung minum seperti jus atau minuman herbal/jamu.

Karena peluang bisnis multivitamin sedikit riskan apalagi untuk Anda yang tidak terlalu mengerti obat-obatan. Pilihan produk kesehatan lain yang bisa dipilih adalah jus sehat dan minuman herbal yang sudah siap minum. Meski kini sudah new normal, virus masih berkeliaran. Suplemen dan minuman herbal tentu masih dibutuhkan. Bukan tidak mungkin jualan kedua barang bisa menjadi bisnis online 2020 yang sukses sepanjang tahun.

Peluang bisnis ini bisa dikatakan bisnis modal kecil. Anda pun tak harus membuat sendiri produk jamu-jamuan tersebut. Ada banyak produsen jamu baik skala rumahan hingga industri. Cobalah untuk membeli produk mereka dan pilih yang benar-benar cocok untuk. Setelah itu, Anda berjualan produknya.

Masa pandemi memang belum berakhir, tapi bukan berarti kesempatan hilang. Masa new normal membuka harapan baru. Ikutilah gaya konsumsi para pelanggan Anda. Niscaya, bisnis online 2020 akan tetap laku dan mendapatkan untung. Bukan tidak mungkin dengan inovasi dan kreasi yang Anda terapkan di bisnis, malah makin berkembang.

4.         Pengajar Online

Peluang usaha online yang bisa Anda coba adalah menjadi pengajar online berbayar. Bila Anda mempunyai keterampilan yang dapat dibagikan dan kecakapan mengajar yang cukup. Anda dapat mencoba membuka kelas sendiri yang berbayar. Anda dapat mengadakan kelas khusus di platform atau membuka kelas di beberapa website yang kerap dimanfaatkan untuk belajar secara online. Umumnya website seperti itu mempunyai lowongan untuk tenaga pengajar supaya dapat membuka kelas lebih banyak.

Bila ingin membuka kelas online secara mandiri, Anda dapat menggunakan Facebook Video Call, Google Duo, dan Zoom yang dapat menjalankan video call lebih dari 10 orang. Peluang bisnis ini dikatakan juga bisnis modal kecil bahkan modalnya gratis, asal saja Anda dapat menggunakan platform online secara optimal seperti media sosial dan YouTube dalam memasarkan usaha jasamu.

5.       Menjual Masker

Berjualan masker merupakan peluang usaha online juga sangat bagus di era new normal, karena barang ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Di awal pandemi, masker bahkan mengalami kenaikan harga yang tidak masuk akal. khususnya masker medis. Sehingga, masker kain pun menjadi pilihan. Ada beragam jenis masker yang beredar di pasaran. Anda bisa mengambil bagian dalam memenuhi kebutuhan new normal ini. Meski permintaanya tidak setinggi di awal masa pandemi, tapi kini permintaanya cenderung stabil.

Karena sudah menjadi kebutuhan, masker pun berfungsi tak ubahnya seperti baju. Tentu, ini adalah peluang bisnis yang menarik. Bisnis fesyen tidak ada matinya selama ada inovasi dan ide kreatif dari produknya.

Peluang bisnis ini menjadikan Anda dapat mempelajari selera konsumen. Anda bisa menjual masker dengan berbagai warna, tipe, serta bahan. Bahkan, bisa menjual masker custom sesuai dengan permintaan pembeli. 

6.       Frozen Food / Makanan Beku

Anda bisa membuat peluang usaha online baru untuk bisa dilakukan di rumah sekaligus Anda juga bisa bekerja. Bekerja dari rumah dalam waktu yang lama dan ketakutan akan keluar rumah membuat beberapa orang lebih memilih untuk membeli makanan beku dan. Karena lebih tahan lama demi mengurangi frekuensi keluar rumah untuk berbelanja.

Keuntungan lain yang membuat orang senang membeli frozen food adalah harganya yang lebih murah tapi lebih awet juga penyajiannya praktis dan mudah. Nah, jika Anda ingin coba jadi penjual frozen food. Caranya bisa dengan menjadi reseller dari distributor frozen food yang bisa ditemukan dengan mudah dengan internet.

Bekerja dari rumah sekaligus melakukan pekerjaan rumah mudah dilakukan dengan frozen food. Inilah peluang usaha online yang bisa Anda lakukan. Bukan tidak mungkin ini menjadi jualan online paling laku di tahun 2020.

Mulailah dengan menawarkan produk bisnis online Anda ke kenalan dan kerabat. Atau siapapun yang ada dalam kontak Anda. Fitur WhatsApps story bisa jadi pilihan menarik. Instagram story juga bisa Anda gunakan. Dengan cara ini, setidaknya orang-orang yang Anda kenal bisa langsung Anda layani dengan lebih cepat. Bahkan Anda pun bisa langsung mengantar ke pelanggan. Saat pesanan sudah mulai banyak, Anda bisa mulai membuka toko online di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee yang bisa melayani COD atau bisa diantar dengan menggunakan ojek online.

7.       Perlengkapan Hobi

Kini, meski di rumah tetap bekerja, tetap saja ada waktu lebih yang biasa digunakan untuk menjalankan hobi. Banyaknya waktu luang saat di rumah mendorong orang untuk kembali menjalani hobinya. Saat kondisi normal, mungkin saja ia tidak sempat menjalankan hobi karena kesibukan. Misalnya, waktu pulang pergi ke kantor yang membutuhkan 1 atau 2 jam bahkan lebih. Waktu tersebut bisa digunakan untuk menjalankan hobi. Misalnya memasak atau bersepeda.

Belakangan kedua hobi tersebut kembali populer. Situasi ini adalah peluang bisnis online yang menguntungkan. Anda punya peluang berbisnis peralatan masak, seperti panci, spatula, hingga wajan. Perlengkapan seperti apron dan celemek lucu juga menarik untuk dilirik. Tawarkan dagangan Anda ke berbagai platform. Hubungi teman terdekat dan kerabat terlebih dahulu, mungkin mereka tertarik. Untuk Anda yang hobi bersepeda, peluang usaha online juga terbuka. Anda bisa menawarkan dagangan ke komunitas Anda atau langsung di online shop.

Nah, daftar di atas adalah beberapa peluang usaha online di era new normal yang bisa Anda coba. Modal Bisnis bisa Anda dapat dari mana saja. Yuk coba peluang bisnis  di atas, siapa tau memang menguntungkan dan menambah pemasukan untuk keluarga dan diri Anda pribadi!

Anda perlu bantuan? PenulisKonten.id ada di sini. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?