9 Cara Buat Blog yang Bagus untuk Mendongkrak Penjualan Bisnis Anda, Yuk Intip!

9 Cara Buat Blog yang Bagus untuk Mendongkrak Penjualan Bisnis Anda, Yuk Intip!

Cara buat blog untuk mendongkrak penjualan bisnis Anda apa saja? Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang cara buat blog, kita cari tahu artinya dulu yuk! 

Apa itu blog? Apa itu blog bisnis?

Blog adalah platform khusus yang memudahkan kita untuk tetap menambahkan jurnal atau artikel secara berkala berdasarkan waktu dan orang lain bisa memberikan komentar pada setiap jurnal atau artikel. Website adalah sebuah platform online yang dibuat dengan berbagai fungsi sesuai kebutuhannya. 

Blog bisnis tentu saja memiliki tujuan keuntungan bisnis. Blog bisnis merupakan halaman blog yang berusaha untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis. Misalnya, meraih pasar yang lebih luas. Atau untuk bisa menarik calon pembeli sebuah produk ataupun jasa. 

Tanpa dipungkiri blog bisnis adalah digital marketing agar penjualan berhasil. Statistik menunjukkan bahwa:
  • Konsumen mempelajari 70% lebih banyak tentang perusahaan melalui konten blognya daripada melalui iklan.
  • Bisnis yang blognya mendapatkan 126% lebih banyak feedback dan pelanggan yang mengakibatkan penjualan naik. 

Mengapa ini berhasil? Karena tidak seperti pemasaran tradisional di mana Anda memberi tahu prospek untuk membeli produk atau layanan. Konten blog Anda sebenarnya dapat melakukan penjualan untuk Anda, tanpa perlu "berjualan". 

Sangat sederhana, ketika konten blog Anda diisi dengan informasi dan saran yang berguna, Anda menjadi sumber daya yang berharga bagi target Anda. Dan saat Anda memberikan nilai, Anda mendapatkan kepercayaan orang. Dan jika Anda mendapatkan kepercayaan mereka, kemungkinan besar Anda juga akan mendapatkan bisnis mereka. 

Kita akan melihat 9 cara membuat blog untuk mendongkrak penjualan bisnis Anda.

1. Gunakan konten yang mendalam dan panjang

Cara buat blog dengan banyak konten sehingga ada yang membaca, mengomentari, atau membagikannya. Tentu ini akan menghasilkan penjualan. 

Membuat blog dengan memberikan nilai kepada pembaca Anda, untuk mendidik, menginformasikan, dan menyenangkan mereka, maka Anda sudah menjadi yang terdepan dalam persaingan dan bisnis Anda sedang dalam perjalanan menuju kesuksesan. 

Cara membuat blog yang bagus untuk memberikan nilai lebih kepada calon pembeli bisnis Anda dengan membahas topik yang mereka minati secara mendalam. Dengan kata lain, tulis artikel yang lebih panjang yang berisi banyak informasi berguna tentang topik tertentu. Sebuah survei oleh Orbit Media terhadap 1000+ blogger mengungkapkan bahwa lebih dari separuh blogger yang menulis artikel 2000+ kata dan hasilnya bagus. 

Cara buat blog dengan konten yang mendalam akan menarik perhatian orang bukan karena panjangnya lebih dari 1.000 kata. Tetapi blog tersebut dikemas dengan informasi dan saran yang informatif dan bagus untuk dibagikan ke orang lain. 

2. Konsisten

Cara buat blog agar untuk mendongkrak penjualan bisnis Anda dengan konsisten. Ini satu-satunya cara untuk membangun pembaca setia yang menghabiskan lebih banyak waktu di blog bisnis Anda dan terus kembali untuk membaca konten Anda, dan berharap untuk membeli barang/jasa dari Anda. 

Sekarang, waktunya Anda menentukan jadwal yang pasti untuk mengunggah konten ke blog Anda. Pastikan Anda konsisten karena pembaca memiliki ekspektasi tertentu dari blog Anda. Dan itu tugas Anda untuk memenuhi harapan tersebut, jika tidak, mereka akan berhenti datang kembali. 

Selain menarik pembaca untuk kembali membaca konten baru, alasan lainnya yaitu kenapa harus mengunggah konten secara teratur untuk membantu mendongkrak penjualan bisnis Anda, itu karena Google juga menyukai konten segar. 

Cara buat blog seperti ini sangat penting. Karena pada saat Anda memperbarui blog Anda secara konsisten, Google akan mengutamakan blog bisnis Anda daripada situs lain yang tidak begitu segar di bagian depan konten. Dengan kata lain, Anda akan lebih terlihat di halaman hasil penelusuran, yang menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke blog dan situs Anda. 

3. Optimalkan posting blog Anda menggunakan kata kunci yang relevan

Cara buat blog selanjutnya yang tak kalah penting juga adalah dengan mengoptimalkan konten menggunakan kata kunci yang relevan. Ini sangat berlaku untuk situs blog bisnis Anda. Jadi pastikan Anda meluangkan waktu untuk memasukkan kata kunci yang relevan di setiap konten yang Anda publikasikan di blog Anda. 

Mengapa? Karena dengan membuat blog yang ditambah kata kunci yang relevan maka blog bisnis Anda akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas. Maka akan memudahkan calon pembeli Anda menemukan postingan blog Anda di bagian atas halaman hasil penelusuran. 

Cara buat blog dengan menulis postingan tentang ide hadiah pernikahan, misalnya. Alih-alih mengoptimalkannya menggunakan kata kunci umum seperti "hadiah pernikahan", Anda dapat mencoba kata kunci seperti "ide hadiah pernikahan untuk sahabat" atau kata kunci lainnya dari saran Google. 

4. Waspadalah terhadap pengisian kata kunci

Cara buat blog menggunakan kata kunci itu penting untuk SEO, Anda sebaiknya menghindari sesuatu yang dikenal sebagai "penjejalan kata kunci". Penjejalan kata kunci persis seperti namanya; mencoba menjejalkan terlalu banyak kata kunci ke dalam teks Anda ke titik di mana konten Anda tampak seperti spam. Hal ini mengalahkan tujuan ngeblog karena dua alasan utama: 
  • Pengguna tidak akan membaca dan terlibat dengan blog Anda
  • Mesin telusur akan “menghukum” Anda untuk hal ini dan berdampak negatif pada peringkat blog Anda.
Cara buat blog dengan SEO tepat, sebaiknya Anda melakukan penelitian kata kunci di sekitar industri dan produk / layanan Anda untuk melihat apa yang dicari pelanggan dan topik yang sesuai di sekitar kata kunci tersebut. Ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan penelitian kata kunci seperti SEMrush, Moz, dan Soovle. 

5. Judul yang menarik perhatian

Cara membuat blog dengan judul yang menarik dapat membuat blog Anda dilihat pengguna dan menentukan apakah seseorang akan membuka blog Anda atau tidak. Judul blog Anda harus memberikan pemahaman dasar yang singkat kepada pengguna tentang apa yang akan mereka baca. intinya adalah, buat judul Anda relevan tanpa membosankan. 

6. Gunakan gambar dan video

Tahukah Anda cara buat blog dengan menambahkan gambar dan video akan membantu mendongkrak penjualan Anda? Visual tidak hanya membantu SEO. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Jakob Nielsen, data menunjukkan bahwa pengguna menghabiskan 10% lebih banyak waktu untuk melihat gambar orang pada halaman daripada membaca konten biografi yang terkait dengan gambar tersebut. Meskipun teks memakan 316% lebih banyak ruang, pengguna lebih suka melihat visual. 

Membuat blog dengan menambah gambar atau video akan membantu menambah nilai blog Anda dengan benar-benar menghubungkan pengguna dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. 
Faktanya, Buku Pegangan Komunikasi Politik SAGE menemukan, bahwa otak memproses informasi visual 60.000 kali lebih cepat daripada waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan kode teks. 
Tidak diragukan lagi bahwa melampirkan visual ke blog Anda akan membantu pengguna untuk mengonsumsi konten Anda dengan lebih baik, memungkinkan Anda untuk mendapatkan arahan tersebut secara lebih efektif.

7. Sertakan tautan

Cara buat blog yang penting selanjutnya adalah dengan menyertakan tautan internal dan eksternal dalam teks Anda. Tautan internal membawa pembaca ke halaman lain dengan domain yang sama, baik itu postingan blog lain, halaman layanan, halaman produk, dll. Link eksternal membawa pembaca ke halaman situs dari sumber luar. 

Apakah Anda sudah memperhatikan tren? Ada tiga cara utama pengaruh tautan internal terhadap SEO. Ini membantu navigasi situs web, mendukung arsitektur dan hierarki situs web, dan mendistribusikan otoritas halaman dan kekuatan peringkat di seluruh situs. 

Tautan eksternal adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dan berpotensi memperluas jangkauan Anda. Misalnya, jika Anda menautkan ke laman situs web eksternal dan seorang karyawan pemasaran dari perusahaan itu mengetahui bahwa Anda telah menautkan ke konten mereka, ada kemungkinan mereka dapat menjangkau, membangun kemitraan, dan membagikan beberapa konten Anda sebagai imbalan. 

Cara buat blog dengan menggunakan tautan eksternal di blog Anda juga membantu membangun kepercayaan merek/brand. Memberi kredit kepada sumber luar saat memberikan informasi kepada calon pembeli Anda, menunjukkan bahwa ini bukan tentang Anda saja. Ini juga membantu membangun kredibilitas dan memungkinkan pembaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu. 

8. Akhiri Dengan CTA

Cara buat blog yang jangan sampai Anda lupakan, yaitu mengakhiri denganCTA. Jadi pada titik ini, Anda mungkin berpikir, "Wow, blog bisnis bagus untuk SEO, tapi bagaimana ini bisa membantu saya untuk mendongkrak penjualan?" Nah, selain fakta bahwa SEO yang baik akan membuat situs web Anda lebih mudah ditemukan dan mendatangkan pelanggan yang tepat. Jangan lupakan tulis CTA di akhir blog Anda. 

CTA adalah instruksi kepada pembaca yang memicu tindakan segera. CTA Anda harus mengarahkan pengguna ke halaman arahan yang menyertakan formulir untuk mengumpulkan beberapa informasi pribadi sebagai imbalan atas penawaran tersebut. Informasi kontak yang Anda terima akan memungkinkan pelanggan menghubungi Anda melalui email atau nomor telepon. Melakukannya dengan tepat, tulus, dan tidak memaksa adalah hal yang akan membantu Anda cara pandang pelanggan. 

9. Promosikan di media sosial

Cara buat blog selanjutnya agar mendongkrak penjualan adalah memperluas jangkauan blog Anda dan promosikan di media sosial sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan dan terlibat dengan konten Anda. 

Dan jika blog Anda sangat membantu dan menarik, pengguna dapat dengan mudah membagikan postingan Anda di akun media sosial mereka, bahkan memperluas jangkauan! Bagaimana Anda memastikan blog Anda dapat dibagikan? Bacalah blog ini untuk mengetahui bagaimana Anda dapat membuat konten Anda sendiri yang menarik perhatian. 

Semakin banyak eksposur yang diterima konten dan blog Anda, semakin banyak prospek yang akan Anda tarik dan ubah menjadi pelanggan. Bersikaplah konsisten, pastikan blog Anda dioptimalkan, buat konten yang bermanfaat, gunakan visual, dan promosikan di media sosial. Ini semua adalah bahan utama yang Anda butuhkan untuk menjalankan strategi blog bisnis yang sukses yang akan menarik pelanggan yang tepat.

Nah,bagaimana? Sudah tahu kan cara buat blog untuk mendongkrak penjualan bisnis Anda. 

Anda perlu bantuan? PenulisKonten.id ada di sini. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?