Apa Sebenarnya Content Marketing Itu? Pentingkah untuk Bisnis Anda?

Apa Sebenarnya Content Marketing Itu? Pentingkah untuk Bisnis Anda?

Apakah Anda pernah mendengar istilah content marketing? Mungkin Anda belum tahu dengan pasti apakah artinya content marketing. Apa sajakah yang harus dikerjakan oleh seorang content marketer dan skill apa saja yang harus dikuasai. 

Apa sebenarnya content marketing itu?

Content marketing adalah teknik marketing yang pembuatan kontennya harus relevan, penting, dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan untuk mengonversi mereka menjadi konsumen.

Konten yang bernilai, relevan, dan konsisten merupakan pembeda dari teknik pemasaran biasa. Kenapa? Karena content marketing adalah berpusat pada minat dan kepentingan audiens. Maka dari itu, kontennya juga harus memiliki nilai dan manfaat untuk audiensnya.

Content marketing merupakan strategi marketing yang harus dilakukan. Anda bisa meningkatkan komunikasi antara merek dan konsumen, lalu seberapa kuat dampaknya konten tersebut terhadap mereka.

Contoh content marketing yang paling sering digunakan, yaitu sebagai berikut:

1. Website atau blog

Apa Sebenarnya Content Marketing Itu? Pentingkah untuk Bisnis Anda?

Website atau blog mungkin bisa Anda manfaatkan untuk membuat content marketing. Dalam website dan blog Anda dapat menulis konten yang sesuai dengan target audiens sesuai bisnis Anda.

Selain menulis konten yang sesuai dengan audiens, Anda juga harus memerhatikan SEO. SEO tidak bisa dipisahkan dari content marketing. Strategi SEO yang bagus akan mengundang banyak traffic ke website atau blog Anda.

2. Infografik

Apa Sebenarnya Content Marketing Itu? Pentingkah untuk Bisnis Anda?

Contoh content marketing yang dapat mengatur dan memvisualisasikan data dengan cara yang lebih meyakinkan daripada kata-kata saja dengan menggunakan infografik. Format konten ini bagus untuk digunakan agar konten bisa lebih jelas dan mudah dimengerti. 

3. Podcast

Apa Sebenarnya Content Marketing Itu? Pentingkah untuk Bisnis Anda?

Saat ini tren marketing yang sedang marak untuk dilakukan adalah dengan membuat podcast. Banyak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan brand awareness. Topiknya juga bisa disesuaikan dengan target audiens Anda.

Podcast ini akan membantu audiens menemukan brand Anda, jika mereka tidak mempunyai waktu untuk membaca konten (berupa artikel) maka contoh content marketing ini sangat membantu Anda sekali. Jadi tunggu apalagi, Anda bisa berekperimen dengan podcast agar bisa memperluas media marketing produk Anda.

4. Video

Apa Sebenarnya Content Marketing Itu? Pentingkah untuk Bisnis Anda?

Video masih efektif dalam membuat suatu content marketing, apalagi Anda bisa mengunggahnya lewat YouTube. Mengapa? Karena saat ini tren membuat conten marketing dengan video dan diunggah di Youtube sedang naik dan masyarakat Indonesia menyukainya. Sisi lainnya, content marketing dalam bentuk video akan lebih mudah dipahami dan dinikmati.

Video yang dibuat haruslah bermanfaat dan bernilai bagi para audiens. Jangan sampai video yang Anda buat hanya menjual kontroversi yang bisa membahayakan citra brand Anda.

5. Buku

Apa Sebenarnya Content Marketing Itu? Pentingkah untuk Bisnis Anda?

Jika Anda mempunyai target audiens yang lebih serius, Anda dapat membuat buku yang isinya  informasi brand bisnis Anda. Tujuan menerbitkan buku ini agar para audioens yang membaca mengetahui bisnis atau brand apa yang sedang Anda bangun. Jik Anda menerbitakan buku maka ini merupakan salah satu cara meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk yang Anda jual.

Selain contoh dari content marketing, ada juga skill content marketing yang harus Anda kuasai, seperti berikut ini:

  • Komunikasi
  • Menulis
  • Bercerita
  • Peka

Pentingnya content marketing

Content marketing ini bukan teknik yang baru untuk digunakan dalam pemasaran produk Anda. Akan tetapi di Indonesia masih renda kesadaran akan pentingnya content marketing ini. Inilah 6 Alasan kenapa penting content marketing dalam bisnis Anda.

  • Investasi jangka panjang
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan traffic
  • Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan
  • Konversi pelanggan
  • Memperbaiki kualitas SEO

Maka dari itu semua, Anda butuh strategi content marketing agar pemasaran Anda tepat sasaran sesuai tagret yang Anda ingin capai.

7 Strategi content marketing

  1. Menentukan tujuan marketing Anda
  2. Melakukan research buyer persona
  3. Audit konten
  4. Memilih content management system
  5. Memikirkan ide-ide baru untuk konten
  6. Menentukan jenis konten yang ingin Anda buat
  7. Mengelola konten dengan agenda editorial

Terkesan banyak yang harus dilakukan untuk melakukan content marketing ya? Tetapi memang sebuah content marketing harus diterapkan dalam teknik marketing masa kini. Teknik marketing ini tidak hanya memiliki keefektifan yang tinggi untuk menarik konsumen. Melakukannya juga membutuhkan waktu, organisasi, dan kreativitas dalam menumbuhkan strategi pemasaran konten yang sukses.

Nah, begitulah deskripsi dan pentinya content marketing dalam pemasaran bisnis Anda.

Apakah hal ini sulit bagi Anda? Jika ya, Anda sebenarnya tak perlu khawatir kok. Anda juga dapat meminta bantuan pada yang lebih profesional untuk mengerjakan tugas Anda ini. Salah satunya adalah PenulisKonten.id.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?