7 Cara Promosi di Facebook yang Paling Efektif

7 Cara Promosi di Facebook yang Paling Efektif

Facebook merupakan platform media sosial terbesar saat ini. Banyak orang yang menjalankan bisnis dan usaha menggunakan Facebook untuk memasarkan produk yang meraka jual. Saat ini, Facebook sudah menjadi keharusan dalam strategi pemasaran produk, apalagi untuk bisnis online, ya.

Facebook juga mempunyai facebook marketing yang menyediakan berbagai pilihan untuk target iklan. Ada beberapa fitur lain dari facebook marketing yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau target pasar yang lebih spesifik.

Sebelum Anda memulai melakukan promosi di Facebook, Anda harus tahu bagaimana cara mempromosikan produk yang benar dan terbukti dapat meningkatkan konversi penjualan. Lalu, jika Anda mempromosikannya asal-asalan, maka promosi tersebut tidak akan memberikan manfaat apapun bagi bisnis Anda.

Kenapa Promosi Produk di Facebook Masih Tergolong Efektif ?

  • Facebook masih banyak penggunanya
  • Mayoritas marketplace memiliki fitur share di Facebook
  • Bisa menggunakan berbagai macam media promosi
  • Berpotensi untuk mendapatkan daftar konsumen loyal

Yuk, intip pemasaran media sosial dengan 7 cara promosi di Facebook yang paling efektif!

1. Kenali Target Audiens Anda

Cara promosi di Facebook yang pertama adalah mengenali target audiens Anda. Mengetahui target audiens dapat membantu Anda dalam menentukan budget pemasaran hingga menentukan jenis konten untuk posting. 

Untuk menentukannya, Anda bisa memulai dengan riset atau penelitian, lalu menciptakan buyer persona dan menentukan brand positioning yang ingin Anda ciptakan untuk brand Anda. 

Melalui Facebook, Anda dapat menyesuaikan iklan dengan target market bisnis Anda. Facebook Ads mempunyai setting sesuai dengan usia, jenis kelamin, demografi, interest dan konektivitas. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan target Anda.

Jika Anda masih bingung menentukan target tersebut, tidak ada salahnya belajar dari website pesaing bisnis Anda. Anda juga dapat menggunakan Google Display Planner (GDP) di Google Ads untuk melihat karakter pengunjung website pesaing Anda. 

2. Membuat Iklan yang Menarik

Membuat iklan yang menarik merupakan salah satu cara promosi di Facebook. Gambar dalam iklan ini akan memunculkan kelebihan, keunikan dari suatu produk atau jasa yang Anda jual.

Cara promosi di Facebook yang efisien dengan membuat iklan yang powerfull (strategi gambar dan teks). Maka iklan Anda akan dilihat lalu diklik banyak orang yang melihatnya. Anda juga bisa mempadukan kombinasi teks dan gambar yang sangat menarik.

Tools yang sekarang ini sering dipakai untuk Facebook marketing yaitu Canva. Ada beberapa template yang free untuk Anda gunakan jika Anda tidak ingin berlangganan pro-nya. Berkreasilah dengan tools tersebut, buatlah iklan yang mempunyai ciri khas produk yang Anda jual.

3. Memanfaatkan Fitur Facebook Ads yang Canggih

Facebook selalu mengalami perubahan. Facebook juga terus memperbaiki semua fiturnya seperti interface yang semakin ke sini semakin mudah digunakan, sampai fitur Facebook Ads yang semakin canggih.

Fitur Ads terbaru dari Facebook, adalah:

a. Retargetting melalui Custom Audience

Jika Anda memasang iklan, Anda dapat mengacu kepada orang yang telah mengunjungi website Anda, loh. Sehingga mereka mengunjungi website Anda lalu setelah itu masuk ke akun Facebook mereka, maka mereka akan melihat iklan Anda.

Fitur seperti ini dinamakan retargetting yang merupakan salah satu cara promosi di facebook yang efektif. 

b. Lookalike Audience

Fitur terbaru dari Facebook Ads ini mampu menciptakan target audiens baru. Jika Anda sudah memiliki list email customer dan Facebook page Anda sudah banyak yang mengikuti, maka Anda dapat langsung menciptakan kelompok target audiens baru secara otomatis. Anda juga dapat menggunakannya sebagai target audiens di iklan baru Anda dengan menggunakan fitur ini, loh! Wah, canggih yah!

c. Conversion Tracking

Cara promosi di Facebook yang efektif dengan menggunakan fitur conversion tracking. Fitur ini membuat Anda mengetahui berapa banyak jumlah orang yang membeli produk Anda. Caranya dengan memasukannya ke keranjang belanja di website  Anda.

d. Custom Audience

Cara promosi di Facebook selanjutnya dengan menggunakan custom audience. Jika Anda mempunyai list email customer sebelumnya, maka Anda dapat menggunakan custom audience ini. Anda dapat memasukkan list email customer tersebut ke dalam Facebook. Sehingga hal ini memungkinkan Anda fokus pada  target audiens yang ada di list email Anda.

4. Tepat dalam Mengkonversi

Setelah iklan Anda berjalan, biasanya Anda mulai mendapatkan cukup banyak orang yang melihat dan merespon iklan Anda, bukan? Anda juga seharusnya tahu caranya agar orang yang merespon iklan Anda lalu akhirnya menjadi tertarik dan membeli produk Anda. Hal dinamakan sebagai cara untuk mengkonversi calon customer menjadi customer loyal.

Anda juga dapat mencoba beberapa tip agar penjualan Anda lebih optimal, seperti:

  • Prioritaskan konsumen
  • Kuasai product knowledge
  • Inisiatif & cepat

5. Penjadwalan Postingan

Cara promosi di Facebook dengam menjadwalkan posting konten. Waktu yang tepat untuk memposting konten menurut penelitian adalah Rabu pada pukul 09.00-15.00. Penjadwalan posting ini juga sangat bagus untuk engagement ke konsumen.

6. Aktif Berkomunikasi dengan Audiens

Tujuan utama media sosial adalah membangun komunikasi. Cara promosi di Facebook yang efisien dengan aktif berkomunikasi dengan audiens. Fokus Anda tidak selalu  pada konten yang Anda posting, tetapi berkomunikasi dengan konsumen/audiens juga tak kalah penting loh! 

7. Review Keberhasilan Iklan Anda

Bagaimana cara mengukur kesuksesan iklan? Caranya dengan membandingkan cost yang Anda keluarkan dengan hasil yang Anda terima. Misalnya jika Anda menargetkan penjualan, maka Anda harus melihat berapa banyak orang yang melihat iklan Anda, yang bertanya soal iklan Anda dan berapa melakukan pembelian produk Anda. Konversi jumlahnya tidak harus sama dengan budget yang dikeluarkan kok. Anda cukup menargetkan pencapaian yang telah Anda tentukan sebelum memasang iklan. Setelah Anda memasang iklan, pastikan Anda  memiliki audiens baru yang bisa Anda engange dengan produk Anda.

Nah, itulah 7 cara promosi di Facebook yang efektif. Anda bisa menerapkannya sekarang juga, agar bisnis dan produk Anda bisa dikenal oleh orang banyak. Bisnis Anda juga nantinya akan mengalami periode perubahan, sehingga Anda perlu sesekali mereview lagi apa yang sudah Anda jalankan dan kemudian membuat rencana baru untuk sosial media marketing Anda.

Perlu Anda ingat juga nih, diharapkan Anda juga memperhatikan aturan-aturan dalam mempromosikan produk Anda menggunakan Facebook marketing ini. Jika tidak, Anda nanti dikira spamming di Facebook, lalu pihak Facebook akan memblokir akun Anda. Sangat sayang bukan kalau akun Anda diblokir?

Apakah Anda merasa kewalahan? Anda tak perlu khawatir. Anda dapat menghubungi yang sudah profesioanl di strategi pemasaran media sosial. PenulisKonten.id dapat membantu Anda. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp  .

 



0 komentar

Apa pendapat Anda?