Membuat Toko Online Sendiri: 7 Hal yang harus Anda Persiapkan

Membuat Toko Online Sendiri: 7 Hal yang harus Anda Persiapkan

Membuat toko online saat ini semakin banyak dilakukan oleh pebisnis pemula ataupun yang sudah profesional. Membuat toko online juga dinilai lebih mudah dan Anda bisa membuat target pasar bisnis menjadi lebih luas. Tetapi, meski dinilai lebih mudah dan memiliki target pasar luas, membangun bisnis online tetap saja tidak bisa sembarangan loh. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai menjalankan bisnis secara online.

Banyak manfaat juga yang dirasakan konsumen ketika Anda membuat toko online untuk bisnis Anda. Mengapa? Karena banyak orang tidak memiliki cukup waktu untuk mengunjungi off store, sehingga toko online menjadi solusi untuk mereka berbelanja.

Anda diharapkan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan toko online yang Anda buat, mulai dari fitur, keamanan, dan juga kenyamanan pelanggan.

Yuk, cek 7 hal yang perlu disiapkan membuat toko online bisnis Anda!

1. Riset Peluang

Membuat Toko Online Sendiri: 7 Hal yang harus Anda Persiapkan

Persiapan pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat toko online adalah melakukan riset. Anda dapat memulai riset dari memilih supplier, kualitas produk yang Anda jual, model bisnis yang akan Anda pakai sampai strategi promosinya seperti apa. 

Memilih supplier untuk memastikan bahwa supplier yang Anda pilih bisa bekerja sama dengan baik, loh. Supplier memiliki tanggung jawab atas produk yang Anda jual, maka komunikasi dengan supplier menjadi penting.

Anda harus memastikan bahwa supplier dapat memberikan info stok barang. Supplier seharusnya menjadi pihak yang bisa berkomunikasi efektif dan responsif.

Selanjutnya, Anda harus fokus untuk memahami produk yang akan Anda jual. Memahami produk yang Anda jual akan membentuk branding produk untuk bisnis Anda sendiri.

Penjualan produk jaman sekarang memaksa Anda untuk melakukan strategi untuk memasarkan produk yang Anda jual. Jika Anda sudah memahami produk yang Anda jual, Anda pasti akan tahu strategi apa yang paling pas untuk memasarkan produk Anda.

2. Nama Domain dan Hosting

Membuat Toko Online Sendiri: 7 Hal yang harus Anda Persiapkan

Nama domain yang Anda buat sangat mempengaruhi nilai toko online di search engine. Maka dari itu, Anda dapat memilih nama domain yang benar-benar mewakili branding produk yang Anda jual.

Jika  Anda memutuskan menggunakan website untuk membuat toko online, maka Anda harus memilih perusahaan layanan domain dan hosting yang bisa dapat diandalkan. Pilih perusahaan yang dinamis untuk mengiringi pertumbuhan toko online mu.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan ekstensi domain Anda. Pastikan ekstensi domain bisnis Anda ini familiar seperti .com atau .co.id, ya. Selain itu, kecepatan akses toko online Anda nantinya juga berkaitan dengan bandwidth web hosting yang Anda gunakan.

3. Platform

Membuat Toko Online Sendiri: 7 Hal yang harus Anda Persiapkan

Saat ini ada banyak platform yang bisa Anda pilih untuk mulai membangun toko online. Anda dapat menggunakan website seperti langkah pertama di atas atau Anda juga dapet menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, e-commerce (Shoppe, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, JD.id, dsb).

4. Desain Toko Online

Membuat Toko Online Sendiri: 7 Hal yang harus Anda Persiapkan

Desain atau tampilan toko online sering kali diabaikan, padahal tampilan toko online sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang mengunjungi toko online Anda. Desain toko online Anda harus mudah dipahami oleh pengunjung. Selain itu, warna dan font yang digunakan pada desain toko online harus memperhatikan sisi kenyamanan pengunjung juga. 

Jika Anda menggunakan website berbasis wordpress, susunlah desain web yang ingin Anda tampilkan. Anda bisa kustomisasi dengan memilih tema yang ada pada plugin. Anda dapat atur sesuai kebutuhan bagaimana setting visual dari website online shop Anda.

Jika Anda menggunakan media sosial untuk membuat toko online seperti Instagram, maka Anda perlu menyusun layout dari feed Instagram. Pasanglah foto dengan resolusi tinggi dan kualitas yang menarik, juga tulislah deskripsi produk yang jelas.

5. Shopping Chart dan Payment

Membuat Toko Online Sendiri: 7 Hal yang harus Anda Persiapkan

Shopping cart adalah fitur yang tidak boleh Anda hilangkan pada sebuah toko online. Tanpa shopping cart, pengunjung toko Anda tidak bisa membeli barang yang Anda jual. Pastikan online shop yang Anda memiliki shopping cart yang berfungsi dengan baik, mudah dipahami, dan mudah digunakan pengunjung.

Hal yang penting juga di online shop Anda yaitu payment atau pembayaran. Pastikan sistem pembayaran yang digunakan dalam toko online Anda memberikan berbagai pilihan sistem pembayaran juga akan menjadi nilai tambah bagi toko online Anda.

6. Sistem Pengiriman

Membuat Toko Online Sendiri: 7 Hal yang harus Anda Persiapkan

Hal yang perlu diketahui sebelum membuat toko online yaitu Anda perlu menyediakan sistem pengiriman untuk mengantarkan pesanan pelanggan ke alamat pengiriman. Anda harus memastikan ekspedisi  yang digunakan merupakan ekspedisi terpercaya dan mampu menjamin keamanan produk hingga ke tangan konsumen Anda.

7. Promosi

Membuat Toko Online Sendiri: 7 Hal yang harus Anda Persiapkan

Untuk menarik pelanggan baru di pertama launching toko online Anda, buatlah program promo. Sebelum launching pun Anda dapat membuat coming soon konten. Buatlah spoiler, jadi nantinya Anda akan tahu siapa yang berminat dengan barang yang Anda jual.

Anda juga dapat membuat announcement itu juga ke media sosial Anda terkait produk yang akan mulai Anda jual. Buatlah interaksi dengan orang-orang yang berpotensi untuk suka dengan produk yang Anda tawarkan.

Meyakinkan orang untuk membeli produk yang Anda jual memang gampang-gampang susah sih. Tapi tenang, Anda dapat langsung menghubungi orang yang lebih profesional dalam hal membuat konten, membuat caption jualan yang engaging, membuat desain web yang membuat kenyamanan customer Anda, dan melakukan digital marketing untuk bisnis Anda.

PenulisKonten.id dapat membantu Anda menyediakan berbagai konten yang akan mendukung upaya Anda ini.

Silakan email  kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp  .


0 komentar

Apa pendapat Anda?