5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Website Bisnis yang Paling Efisien

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Website Bisnis yang Paling Efisien

Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog atau website Anda? Apakah performa blog website Anda sudah bagus? Pertanyaan ini selalu muncul dibenak Anda, bukan? Mari kita simak satu persatu ya.

What is website traffic?

Website traffic adalah jumlah data pengunjung yang dikirim dan diterima oleh sebuah website atau blog. Namun, ini tidak termasuk jumlah yang dihasilkan oleh bot, loh! Sejak pertengahan tahun 1990-an, website traffic sudah menjadi bagian paling penting di internet. Perihal ini tentang berapa kunjungan orang ke halaman website.

Yuk, intip 5 cara meningkatkan pengunjung blog website bisnis yang paling efisien ini!

1. Optimasi SEO

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Website Bisnis yang Paling Efisien

Cara meningkatkan pengunjung blog Anda dengan mengoptimalkan blog website Anda untuk SEO. Ini sama halnya membuat situs Anda lebih cocok untuk mesin pencari dan pengunjung.

SEO yang digunakan dengan baik akan meningkatkan peringkat website Anda lebih tinggi di Search Engine Result Page (SERP) dan akan mengarahkan traffic ke website Anda.

Cara optimasi website Anda dengan melakukan riset keyword untuk konten Anda. Dari riset tersebut, Anda akan mengetahui apakah banyak orang yang mencari kata kunci tertentu dan seberapa tinggi persaingannya.

Ada banyak tools untuk melakukan langkah ini, yang paling populer adalah Google Keyword Planner. Anda dapat menemukan ide keyword atau melihatnya di metrik historis.

Proses optimisasi dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu off-site SEO dan on-site SEO.

Pastikan untuk fokus pada on-page SEO terlebih dahulu dalam membuat konten untuk blog website Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan on-page SEO Anda yaitu dengan title tag, meta description, header tag, Alt text.

2. Buatlah Konten yang Bermutu dan Informatif

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Website Bisnis yang Paling Efisien

Cara meningkatkan pengunjung blog bisnis Anda dengan membuat konten yang bermutu dan juga informatif. Konten ibaratnya seperti jantung bagi sebuah situs loh. Konten memiliki pengaruh untuk membuat pengunjung berulang kali kembali ke blog website Anda. Jika konten Anda menarik, maka mereka bisa membagikan ke akun sosial media mereka juga. Hmmm menarik, bukan?

Beberapa tip cara menulis konten yang dapat meningkatkan traffic blog website Anda yaitu keyword research, buat headline yang kuat, jangan gunakan kalimat panjang, tulislah konten yang informatif, dan menambahkan gambar dan video. 

Seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan belajar cara menulis konten yang efektif dan akhirnya dapat meningkatkan traffic website Anda.

3. Tautan Internal

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Website Bisnis yang Paling Efisien

Jika Anda ingin meningkatkan traffic pengunjung blog website Anda, yaitu dengan menyisipkan link internal di setiap halaman per konten. Google juga menggunakan link (internal dan eksternal) untuk menilai halaman.

Jadi, setiap Anda membuat konten, selalu tautkan link internal ke artikel yang relevan. Anda ingin mengunggah konten tentang cara memulai bisnis, Anda dapat menyisipkan link ke artikel tentang ide bisnis dan rencana bisnis.

Manfaat lain dari internal link untuk menjaga pengunjung tetap di website Anda. Memberikan link internal ke halaman yang relevan, pengunjung dapat mencari informasi yang dibutuhkan.

Banyak yang membuat konten baru tapi mereka tidak menyisipkan link internal. Ini menjadi salah satu penyebab traffic menurun, loh! 

4. Edit Konten Lama

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Website Bisnis yang Paling Efisien

Setiap harinya pasti harus ada konten baru dan pastinya yang menarik pengunjung. Tetapi, mengedit konten lama juga merupakan cara meningkatkan pengunjung blog bisnis Anda.

Search engine akan memperhatikan, menilai ulang dan mengatur ulang peringkat halaman Anda berdasarkan pada pembaruan.

Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk menemukan konten populer Anda dan pilihlah yang paling berpotensial, ya.

Tapi janganlah buat pembaruan yang tidak perlu. Anda harus mengarah pada kualitas, bukan kuantitas. Anda dapat melakukan pembaruan di artikel blog bisnis Anda, seperti: 

  • Carilah kesalahan ketik.
  • Perbaiki link yang rusak, Anda bisa menautkan ke sumber yang lebih baru.
  • Tambahkan gambar, infografis, atau video baru.
  • Tingkatkan keakuratan konten Anda dengan memperbarui informasi lama.

5. Meningkatkan Kecepatan Blog Website

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Website Bisnis yang Paling Efisien

Meningkatkan kecepatan blog website Ada merupakan keharusan jika Anda ingin meningkatkan traffic pengunjunga blog bisnis Anda.

Cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan blog website dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN). Anda dapat melihat panduan step-by-step agar mudah untuk mengatur semuanya, ya.

6. Share to Social Media

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Website Bisnis yang Paling Efisien

Cara meningkatkan pengunjung blog bisnis Anda dengan share to your social media. Pastikan konten Anda mudah dibagikan. Banyak orang yang suka akan postingan yang menarik lalu membagikannya ke teman atau saudara mereka. Maka dari itu, pasanglah tools social media sharing di posting blog Anda, ya.

Setiap kali Anda mengunggah konten baru, bagikanlah dulu konten tersebut ke berbagai media sosial yang Anda punya. Ada juga cara mempromosikan konten Anda di situs media sosial seperti menamhkan elemen visual, meggunakan hashtag (tagar), dan pilihlah sharing di media sosial yang tepat.

7. Gunakanlah Instagram untuk Beriklan

Instagram merupakan platform yang sangat terkenal sekarang ini. Hampir 1 miliar yang sudah mendownload aplikasi ini sejak diluncurkan pada tahun 2010 lalu.

Anda dapat beriklan di Instagram untuk meningkatkan traffic ke blog bisnis anda. Anda akan dapat memilih sasaran dari tiga kategori dan menggunakan banyak opsi penargetan (seperti usia, jenis kelamin, bahasa, negara, dsb).

Gabungkan  tersebut dengan memilih yang paling sesuai untuk tujuan merek Anda. Sangat disarankan untuk bereksperimen pada konten iklan Anda, dikarenakan Instagram adalah platform visual, sangat penting untuk membuat visual yang menarik.

Gunakanlah kutipan, video informatif pendek, gambar lucu, infografis, dll. Gunakan beberapa opsi dan buatlah iklan yang benar-benar mewakili blog website bisnis Anda.

Nah, itulah 7 cara meningkatkan pengunjung blog website bisnis Anda yang paling efisien. Namun, untuk meningkatkan traffic merupakan suatu perjuangan untuk Anda.

Semakin banyak eksposur yang diterima konten dan blog Anda, semakin meningkat pula pengunjung blog bisnis Anda. Bersikaplah konsisten, pastikan blog Anda dioptimalkan, buat konten yang bermanfaat, gunakan visual, dan promosikan di media sosial. Semua opsi ini merupakan hal penting yang Anda butuhkan untuk meningkatkan traffic ke blog bisnis Anda.

Anda juga dapat menghubungi yang lebih profesional dibidangnya, seperti Penuliskonten.id.

Jika Anda perlu bantuan, silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp, ya.


0 komentar

Apa pendapat Anda?