8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Menambah Penghasilan Anda!

8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Menambah Penghasilan Anda!

Internet menjadi bagian penting dari kehidupan di era saat ini. Tidak hanya mendapatkan update informasi secara cepat, tapi Anda juga bisa mendapatkan uang dari internet. Bisa menambah penghasilan Anda juga, bukan?

Cara mendapatkan uang dari internet bisa Anda manfaatkan dengan maksimal. Anda bisa mendapatkan keuntungan dan menambah penghasilan dengan bisnis online. Selain bisa dijadikan pekerjaan sampingan, beberapa cara mendapatkan uang dari internet bisa dijadikan pekerjaan utama, loh.

Indonesia telah mencapai 175 miliar pengguna internet di tahun 2020 ini. Jika dikonversi, maka peluang tersebut sangatlah besar jika Anda tertarik untuk bisnis online lewat internet.

Yuk, simak 8 cara mendapatkan uang dari internet untuk menambah penghasilan Anda!

1. Jualan Online Menggunakan Instagram

8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Menambah Penghasilan Anda!

Cara mendapatkan uang dari internet yang pertama adalah dengan jualan online menggunakan Instagram. Instagram adalah platform media sosial yang bisa mengunggah gambar dan video. Platform ini bisa dibilang lebih hits dengan akses yang cepat dan lebih mudah. Banyak platform media sosial yang  terhubung dengan Instagram loh!

Pengguna Instagram saat ini mencapat 1 miliar dalam waktu 8 tahun dari pertama kali diluncurkan di tahun 2010. Banyaknya pengguna Instagram membuat bisnis Anda nantinya banyak dijangkau oleh calon konsumen.

Anda bisa membangun brand produk Anda dengan foto atau video yang Anda unggah. Untuk membantu Anda memahami siapa audiens Anda gunakan Instagram analytics. Tentukan target pasar untuk produk Anda, karena ini akan menentukan kesuksesan bisnis online Anda nantinya.

2. Copywriting

8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Menambah Penghasilan Anda!

Cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya adalah menjadi seorang copywriter. Jika Anda memiliki skill menulis, menjadi seorang copywriter dapat Anda coba.

Copywriting adalah membuat tulisan yang menarik minat pembaca terhadap sebuah brand. Penulisan judul yang menarik serta rangkaian kata dengan gaya pendekatan yang  sangat tepat, mampu menciptakan konversi penjualan.

Di era saat ini banyak yang ingin perusahaan capai, salah satunya dengan banyaknya kunjungan ke web perusahaan. Maka dari itu banyak perusahaan yang mencari copywriter. Salah satu alasannya, 91% perusahaan menggunakan copywriting untuk menjangkau konsumen mereka agar dapat meningkatkan penjualan produk.

3. Jualan Online Menggunakan Marketplace

8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Menambah Penghasilan Anda!

Cara mendapatkan uang dari internet dengan membuka toko online di marketplace. Mudah dan praktis membuat orang beralih dari cara belanja konvensional ke berbelanja online.

Platform marketplace yang hits di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, JD.id, dan Bukalapak.

Anda bisa menjadi dropshipper jika Anda tidak punya modal lebih untuk menyetok barang jualan. Cara ini sangat mudah dan memiliki resiko lebih rendah akan adanya dead stock.

Dalam melakukan dropshipping, Anda jadi menghemat waktu loh! Karena Anda hanya perlu memberitahu jumlah pesanan ke supplier, tanpa harus packing barang pesanan.

Beberapa tip berikut bisa membantu Anda , yaitu:

  • Carilah produk yang laris manis di pasaran.
  • Gunakan keyword planner untuk melihat peringkat keywords produk setiap bulan.
  • Amati jumlah peringkat, komentar, dan testimoni pada kompetitor.
  • Gunakan media sosial sebagai alat promosi.

4. Membuat Blog

8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Menambah Penghasilan Anda!

Membuat blog bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet loh. Untuk mendapatkan uang dari blog, tentu Anda harus membuat blog sebagai langkah awal. Buatlah blog dengan berlanggan hosting. Dikarenakan blog gratis memiliki beberapa kelemahan untuk mendapatkan uang dari internet. 

Beberapa kelemahan untuk mendapatkan uang dari blog gratis, yaitu:

  • Biasanya free blog atau blog gratis dilarang memasang iklan.
  • Platform blog dapat menghapus blog Anda jika tedapat pelanggaran. Dapat diartikan, Anda tidak memiliki kendali penuh atas blog tersebut. 

Jika blog Anda sudah launch, tahapan selanjutnya adalah pembuatan konten yang menarik. Semakin bermanfaat konten tersebut, semakin besar kemungkinan pengunjug blog Anda. 

Anda bisa belajar cara meningkatkan traffic dengan tepat, agar lebih cepat mendapatkan banyak pengunjung. Memasang iklan juga tak kalaih penting untuk mendapatkan uang loh! Anda bisa bergabung dengan Google Adsense. Saat iklan yang dipasang di blog Anda diklik pengunjung, maka Anda mendapatkan penghasilan. 

Anda juga bisa menggunakan sponsored posts. Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk meriew produk di blog Anda. 

Anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung mengklik link di blog Anda, maka dari itu cukup tempatkan banner afiliasi di blog Anda.

Untuk membuat blog yang baik ada beberapa tip seberti berikut: 

  • Pilihlah topik (niche) yang Anda kuasai.
  • Aktif untuk bekerjasama dengan banyak pihak untuk meningkatkan link.
  • Pelajari SEO agar lebih cepat mendapatkan pengunjung.

5. Membuat Kursus Online

8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Menambah Penghasilan Anda!

Apakah Anda ahli di suatu bidang dan ingin membagikan ilmu yang Anda miliki? Yuk, manfaatkan ilmu Anda kuasai untuk membuat kursus online. Anda bisa membuat website atau aplikasi kursus sendiri layaknya RuangGuru yang saat ini sedang meroket.

Cara mendapatkan uang dari internet untuk menambah penghasilan Anda dengan membuat kursus online tidak boleh sembarangan. Ada beberapa cara agar menarik untuk orang mengikutinya, seperti:

  • Pilihlah satu tema, yang nantinya tema ini akan menjadi fokus pembahasan dalam kursus Anda.
  • Usahakan untuk memilih topik yang sedang banyak dicari.
  • Buatlah konten yang unik dan mengundang perhatian.
  • Sediakan banyak pilihan pembayaran untuk membuat pengguna merasa lebih aman dan nyaman.

6. Menjadi Youtuber

8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Menambah Penghasilan Anda!


Jika Anda memiliki ketrampilan atau wawasan dalam beberapa topik, Anda dapat menjadi Youtuber untuk menambah penghasilan dengan menggunakan internet.

Bagaimana caranya? 

Pilih jenis konten yang ingin Anda sampaikan kepada viewers. Susunlah topik dalam bentuk suatu jadwal, sehingga Anda selalu memiliki sesuatu untuk dibagikan pada video Anda.

Siapkan script dan rekam video Anda.

Edit video untuk memastikan video tidak terlalu panjang, lalu cut bagian yang tidak perlu ditampilkan. Anda bisa juga menambahkan subtitle atau animasi jika dibutuhkan untuk menyenangkan viewers.

Unggah video Anda dan share ke media sosial Anda.

Anda juga bisa menambah penghasilan dari Youtube dengan memasang iklan. Iklan yang ditampilkan di Youtube Anda dan viewers tidak melewatkan iklan tersebut, maka pendapatan dari iklan bisa masuk ke akun Youtube Anda. Wah! Menarik bukan?

7. Admin Media Sosial

8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Menambah Penghasilan Anda!

Profesi admin media sosial merupakan ujung tombak dari kesuksesan sebuah brand. Kenapa? Karena admin media sosial bertanggung jawab penuh terhadap segala sesuatu dalam pengelolaan media sosial.

Sangat penting juga bagi seorang admin media sosial untuk tetap memperhatikan Undang Undang ITE yang diberlakukan di Indonesia dan harus mengetahui bagaimana etika berkomunikasi di dunia maya. Jangan sampai ada perkataan yang menyinggung pihak lain, ya.

Seorang admin media sosial harus mempunyai sikap cepat tanggap dan tidak segan dalam berkomunikasi dengan para followers. Cara mendapatkan dapat uang dari internet yang satu ini adalah dengan mengonversi jumlah pengunjung media sosial yang Anda pegang. Anda juga harus mengetahui Alogaritma platform yang Anda pegang. Cara ini dapat membuat akun media sosial Anda mudah dicari orang.

8. Menjadi Proofreader

8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Menambah Penghasilan Anda!

Pasti Anda sudah mengetahui profesi proofreader, bukan? Proofreading adalah sebuah proses pengecekan kesalahan pada sebuah dokumen agar siap diterbitkan. 

Berbeda dengan proses edit yang lebih detail, proofreading lebih berfokus terhadap typo sebuat tulisan, format penulisan dan tata bahasa. Jadi, jika Anda mempunyai skill dalam meneliti penulisan yang baik, Anda bisa mencoba pekerjaan ini.

Wah, banyak juga ya cara mendapatkan uang dari internet? Semoga cara di atas bisa membantu Anda dalam menambah penghasilan dari internet. Meskipun tanpa website bisa menjadi cara mendapatkan uang, tetapi memiliki website atau blog pribadi tetap merupakan pilihan terbaik.

Last but not least, untuk urusan digital marketing, baik di website maupun media sosial, PenulisKonten.id menyediakan jasanya untuk membantu Anda membangun bisnis online apalagi untuk Anda pemula. Kami menawarkan berbagai macam content strategic and marketing, yang berfokus pada user experience dan engagement dengan follower secara lebih intens, sehingga dapat memperkuat core market bisnis Anda yang baru.

Silakan email  kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp .


0 komentar

Apa pendapat Anda?