Organic vs Paid Search: Strategi Pemasaran Digital Mana yang Lebih Efektif?

Organic vs Paid Search: Strategi Pemasaran Digital Mana yang Lebih Efektif?

PENULISKONTEN.ID - Tahukah Anda kalau total ada 3,5 miliar pencarian setiap hari di Google saja? Bagaimana kalau total pencarian di berbagai mesin pencari disatukan? Misalnya dari Bing dan Yahoo! Jumlahnya pasti akan jauh lebih besar daripada yang pernah Anda duga. 

Hal itu terjadi karena 90% pengalaman online dimulai dengan permintaan pencarian di mesin pencari. Faktanya memang, sebagian besar kunjungan ke situs web di internet berasal dari mesin pencari. 

Dan, ternyata, ada dua jenis sumber lalu lintas dari mesin pencari, yaitu organic search atau pencarian organik, dan paid search, atau pencarian berbayar. Anda sudah tahu bedanya belum? Sebagai pemilik usaha online, kemungkinan besar Anda pasti sudah pernah dengar kedunya yang memberikan pengaruh yang besar kepada total pencarian pengguna internet ke situs kita. 

Sudah sejak beberapa dekade terakhir, debat antara “organic search dan paid search, mana yang lebih bagus” ini berlangsung. Well, sebagai pelaku bisnis, kita sih sebenarnya tak perlu repot membandingkan keduanya. Yang terpenting adalah dua-duanya bisa memberikan pengaruh kepada strategi marketing digital yang kita jalankan. 

Jika Anda ingin membuat strategi pemasaran digital yang paling efektif, sangat penting bagi Anda untuk tahu persis apa yang dimaksud dengan organic search dan paid search ini, dan bagaimana keduanya dapat menguntungkan bisnis kita? Berikut merupakan ulasan singkatnya.

Organic Search

Mari kita mulai dengan masuk ke seluk-beluk organic search.

Ketika orang-orang ingin mencari toko tertentu, katakanlah toko online sepatu terbaik di kotanya, mereka akan mulai mengetik satu frasa tertentu di bilah pencarian. 

Dalam sepersekian detik, sebuah halaman muncul di layar komputer, tablet, atau smartphone mereka. Di layarnya, termuat hasil pencarian, atau SERP. Hasil yang dilihatnya di layar tersebut bisa terdiri dari ratusan link dengan beberapa iklan di bagian atas SERP. Kemudian mereka klik salah satu hasil, tapi yang bukan dengan tanda “Ad”. Proses inilah yang disebut dengan organic search

Hasil organic search bergantung pada kualitas dan konten situs web yang sebenarnya, bisa jadi pada struktur situs web, nilai yang ditawarkannya kepada pengguna, kecepatan pemuatan, dan banyak faktor lainnya. Pengunjung akan menemukan jalan ke situs web kita dengan melalui ratusan tautan seperti ini. 

Banyak orang menganggap organic search merupakan hasil lalu lintas yang paling berharga karena kita tidak perlu membayar untuk satu kunjungan.

Situs website kita dapat menarik pelanggan tanpa melakukan investasi untuk membayar apa pun selain effort-effort yang dilakukan sendiri, yang itu berarti situs website kita memiliki daya tarik. 

Pengunjung yang datang dari organic search membantu meningkatkan kredibilitas bisnis kita di internet, dan merupakan indikasi kalau situs web kita memberikan nilai nyata bagi pengguna. 

Untuk mesin pencari seperti Google, faktor yang paling penting adalah pengalaman pengguna, atau user experience. Jika pengguna sering mengunjungi situs web dan mengklik halaman-halamannya, mesin pencari akan menganggap situs web itu berkualitas dan memberinya peringkat tinggi di SERP.

Ada satu cara untuk muncul dalam hasil organic search, yaitu dengan mengoptimalkan Search Engine Optimization atau SEO, yang merupakan teknik pemasaran organik yang paling kuat. 

SEO dapat memengaruhi algoritme, dan kita semua tahu kalau Google memberi peringkat situs web berdasarkan algoritme. 

Mesin pencari mengindeks situs web berdasarkan algoritme lalu mengevaluasi situs web berdasarkan kontennya, infrastrukturnya, kemudahan penggunaan, kecepatan pemuatan, jaringan link internal dan eksternal, serta banyak faktor lainnya. 

SEO merupakan kunci untuk mengatasi faktor-faktor ini. Dengan berhasil memanfaatkan SEO, kita bisa membuat situs web menjadi sesuai dengan algoritme dan pedoman Google.

Tak tanggung-tanggung, banyak pebisnis berusaha menyewa pakar SEO top agar bisa meraih peringkat tinggi di mesin pencari Google. Hal itu dilakukan hanya untuk meningkatkan visibilitas situs mereka di hasil organic searc. 

Pasalnya, meraih organic search yang tinggi merupakan salah satu rahasia sukses terbesar di bisnis online. Pencarian organik membantu situs bisnis online kita menarik pengguna yang relevan, juga mendukung berbagai saluran pemasaran lainnya, termasuk sosial media, iklan berbayar, video, dan email.

Paid Search

Sementara itu, paid search ialah jenis lalu lintas ke situs web di internet dengan hasil pencarian dipengaruhi oleh upaya periklanan. 

Dalam hal ini kita harus membayar untuk mendapatkan kunjungan ke situs. 

Ingat kan, kalau kunjungan-kunjungan ke situs kita berguna untuk membuat situs web berada di peringkat teratas pada SERP? Dan, kita semua tahu untuk muncul di peringkat atas Google butuh effort yang lebih, dalam durasi yang cukup lama. Kadang, ya terasa melelahkan. Apalagi kalau tak juga menampakkan hasil. 

Kalau sudah begitu, iklan berbayar akan bisa membantu, baik melalui search engine itu sendiri, media sosial, ataupun media iklan lainnya. 

Teknik berbayar, atau paid search ini, merupakan cara untuk membeli kunjungan ke situs web kita. Iklan pencarian berbayar muncul di atas hasil organic search. Tautan iklan ke website kita biasanya berbaur secara alami di tampilan SERP halaman Google.

Dalam paid search, kita tidak perlu membangun SEO. Asalkan kita ada bujet untuk iklan, kita juga tidak perlu khawatir tentang perubahan algoritme Google. Tidak seperti organic search, paid search bisa memberikan hasil secara langsung. Lebih praktis dan cepat. 

Salah satu jenis teknik paid search yang paling banyak dipakai adalah Pay-per-Click atau PPC.

Kalau mau memanfaatkan jenis paid search ini, caranya sebenarnya sangat simpel. 

Buatlah copy ad yang bagus, lalu atur waktu posting iklan kita secara strategis. Iklan jenis ini bisa diperoleh melalui Google Analytics atau Google AdSense dan agen periklanan lain.

Mana yang Cocok?

Sekarang setelah mengetahui perbedaan antara organic search dan paid search, kira-kira manakah yang lebih cocok untuk bisnis Anda? 

Kalau sudah tahu mana yang cocok, Anda bisa mulai membuat strategi pemasaran digital Anda sendiri. 

Perlu Anda ingat selalu, bahwa pemasaran yang menjanjikan hasil ialah yang berhasil meningkatkan kredibilitas bisnis. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menyewa agen pemasaran digital profesional. Seperti PenulisKonten.id, misalnya. Kami bisa membantu Anda merancang rencana pemasaran yang paling efektif dan memberi Anda imbal hasil yang dinginkan. 

Anda mau coba? 


0 komentar

Apa pendapat Anda?