Bagaimana Cara Menentukan Waktu Ideal untuk Publish Artikel Website?

Bagaimana Cara Menentukan Waktu Ideal untuk Publish Artikel Website?

PENULISKONTEN.ID - Anda adalah seorang pemilik website? Jika iya, tidak dapat dipungkiri bahwa Anda pasti berharap bahwa artikel website yang Anda tulis mendapatkan banyak respons dari pembaca setia, bukan? 

Namun, pada kenyataannya artikel website yang telah Anda publish tidak selalu mendapatkan respons baik dari user. Jangankan untuk membagikannya, pageviews yang Anda dapatkan pun hanya sedikit. So, adakah hal yang salah dari artikel website Anda?

Selain menjaga kualitas konten, terdapat hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika mengunggah artikel website agar mendapatkan banyak pageviews. Hal yang cukup berpengaruh selain kualitas konten adalah timing yang ideal untuk posting atau publish artikel di website Anda. 

Konon, sejumlah studi menyebutkan bahwa waktu yang tepat akan mempengaruhi pageviews website Anda. Lantas, kapan saja waktu yang ideal untuk publish artikel website Anda?

Kapan Waktu Ideal untuk Publish Artikel Website?

Ketika Anda mulai berkarir sebagai blogger atau penulis website, hal umum yang perlu Anda perhatikan adalah frekuensi dan waktu terbaik untuk mengunggah artikel website. Terdapat banyak studi yang telah menganalisis data untuk menemukan waktu terbaik dalam mengunggah artikel website. 

Setiap studi pun memiliki kecenderungan yang berbeda. Misalnya, beberapa studi hendak mengetahui kapan waktu terbaik untuk mendapatkan social shares lebih banyak, sementara studi lain hendak menelisik kapan waktu terbaik untuk mendapatkan banyak komentar. 

Waktu Ideal untuk Mengunggah Artikel Website

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Kissmetrics, waktu yang tepat untuk mengunggah artikel website agar mendapatkan traffic yang maksimal adalah hari Senin pagi sekitar pukul 11.00. Biasanya orang-orang menghabiskan waktu paginya untuk mengecek email dan membuat rencana mingguan. 

Di tahun 2011, studi yang dilakukan oleh Shareholic juga menyebutkan bahwa hari Senin adalah hari yang tepat untuk mengunggah artikel website demi mendapatkan pageviews yang maksimal. Studi ini juga mengungkap bahwa untuk mendapatkan banyak views, artikel website dapat Anda unggah di antara pukul 07.00 hingga pukul 13.00, tepatnya Anda dapat mengunggah di jam-jam 09.00 dan 10.00. 

Jika Anda menginginkan komen yang lebih banyak pada artikel website, penelitian yang dilakukan oleh Kissmetrics menyarankan agar Anda mengunggahnya pada hari Sabtu pagi dari jam 09.00. Menurutnya, di jam tersebut pembaca memiliki waktu luang yang lebih dalam menggunakan jarinya untuk meninggalkan komen yang berarti pada postingan Anda. 

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan banyak social shares? 

Menurut Brian Dean, tidak ada waktu khusus untuk mengunggah artikel website agar mendapatkan banyak social shares. Studi yang dilakukan oleh Backlinko dan BuzzSumo dengan menganalisis 912 jutaan konten yang diunggah, menemukan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan setiap harinya. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak ada waktu terbaik untuk publish artikel website. Pasalnya setiap studi mengungkap hasil yang berbeda. Jadi, Anda sebaiknya mencobanya sendiri, ya. Karena apa yang bekerja pada suatu situs, belum tentu dapat bekerja di situs lainnya. 

Menentukan Waktu Ideal untuk Publish Artikel di Website Anda 

Salah satu cara untuk menemukan waktu yang optimal dalam mengunggah artikel website adalah dengan menelusuri data Anda menggunakan Google Analytics. Namun, cara tersebut terdengar menakutkan bukan?

Cara termudah untuk menelusuri data Anda adalah dengan menggunakan MonsterInsight, sebuah WordPress Analytics Plugin. Jika website Anda belum memiliki Google Analytics dan MonsterInsight, berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan:

1. Install Custom Dimensions.

Custom Dimensions ini akan membantu Anda untuk menelusuri custom data dan menyajikannya pada dashboard MonsterInsight dan report. 

2. Tambahkan Custom Dimensions pada MonsterInsight

  • Klik Insight, lalu Settings, kemudian Conversions
  • Pada halaman tersebut, klik Add New Custom Dimensions. MonsterInsight memungkinkan Anda untuk memilih beberapa tipe custom dimensions.
  • Jika sudah, Anda perlu mengklik tombol Save Changes

3. Pasang Custom Dimensions pada Google Analytics

  • Login dan akses pada Google Analytics
  • Jika sudah, klik pada Website Data. Bagian ini akan mengirim kamu pada laporan Google Analytics
  • Untuk memasang Custom Dimensions, Anda perlu mengklik tombol Admin pada panel
  • Klik Custom Definitions
  • Kemudian klik Custom Dimensions
  • Setelah itu Anda perlu klik +New Custom Dimension, kemudian isi kolom dengan nama yang sesuai dengan Custom Dimensions yang telah Anda buat pada langkah 2.
  • Di tahap akhir, klik Create, kemudian klik Done pada layar Anda. 

4. CocokKan ID Custom Dimensions dengan pengaturan pada MonsterInsight.

  • Cek nomor ID Custom Dimensions Anda yang tertera pada Google Analytics
  • Buka pengaturan Custom Dimensions pada MonsterInsight
  • Pastikan ID Custom Dimensions Anda sesuai dengan index number di Google Analytics. Jika berbeda, Anda perlu mengganti angkanya dan klik Save Changes. 
  • Voila! Sekarang Anda akan dapat mengeklik Insight >> Report dan klik Dimensions untuk mendapatkan laporannya. 

Itulah serangkaian langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan untuk menganalisis waktu ideal dalam mengunggah artikel website. 

Cukup memusingkan bukan? Namun, Anda tidak perlu bingung dan khawatir. Pasalnya Anda selalu dapat meminta bantuan professional untuk menganalisisnya, lho. 

Anda perlu bantuan untuk membuat dan me-maintain website bisnis Anda? 
PenulisKonten.id ada di sini. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp. (Riri)

0 komentar

Apa pendapat Anda?