7 TipsMembuat Website yang Menarik untuk Menghasilkan ‘Cuan’

7 TipsMembuat Website yang Menarik untuk Menghasilkan ‘Cuan’

PENULISKONTEN.ID - Website merupakan salah satu platform yang cukup populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya digunakan sebagai sarana berbagi informasi, website atau situs web juga digunakan sebagai platform jual-beli online. Lantas, bagaimana cara membuat website yang menarik?

Sebelum melangkah lebih jauh, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja manfaat website. 

Manfaat Website

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah manfaat website bagi kehidupan:

Membangun Personal Branding

Penggunaan website untuk pribadi bukanlah suatu hal yang baru, lho. Dengan menggunakan website, Anda dapat membangun personal branding yang kuat untuk keperluan professional. Anda bisa membagikan sejumlah hasil karya dan portofolio mulai dari tulisan, foto, desain grafis, dan masih banyak lagi.

Berbagi Cerita dan Informasi

Menggunakan website untuk berbagi cerita telah dilakukan oleh sejumlah blogger sukses seperti Raditya Dika.  Tidak hanya berbagi cerita, Anda juga dapat berbagi informasi terkait traveling, kuliner, parenting, pemasaran, keuangan, hingga teknologi. 

Menghasilkan ‘Cuan’

Terdapat banyak cara menghasilkan ‘cuan’ dengan menggunakan website. Anda bisa mendaftarkan website ke Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan Google, lho. Selain itu, Anda bisa menjadi affiliate marketer atau influencer dan memperomosikan produk atau jasa perusahaan lain di website milik Anda. 

Apa yang Membuat Website Menarik?

Secara harfiah, website yang bagus dan menarik adalah website yang tidak membuat para penggunanya kebingungan. Para pembuat website diharuskan untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pengguna dengan jelas, mudah dan juga efisien. 

Oleh karena itu, membuat sketsa website sebelum mulai membuat atau memperbaruinya adalah hal yang penting untuk dilakukan.  Memastikan website Anda berfungsi pada komputer, ponsel, dan tablet serta memperhatikan konsistensi elemen visual termasuk font dan gambar merupakan prinsip dasar pada desain website yang bagus, lho.

Bagaimana Membuat Website yang Bagus?

Terdapat sejumlah hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak membuat blog, website jual-beli portofolio hingga website bisnis. Berikut adalah sejumlah tips dan prinsip untuk mempermudah dalam pembuatan website yang bagus:

Tujuan yang Jelas

Hal yang paling penting untuk Anda perhatikan ketika membuat website adalah memahami dengan tepat apa yang akan dilakukan pada situs Anda. Misalnya, ketika Anda hendak berjualan produk, maka menjual produk menjadi prioritas utama Anda. 

Dalam membangun website, Anda harus bertanya pada diri sendiri apa saja hal yang akan membantu pengguna untuk membeli produk yang Anda jual. Ingatlah tujuan utama website atau aplikasi web Anda jika ingin sukses. 

Menentukan Target Audiens

Mengidentifikasi siapa yang akan menggunakan website Anda adalah hal yang krusial untuk diperhatikan dalam membangun sebuah website yang bagus. 

Jika Anda mampu memahami seperti apa audience yang akan mengunjungi website Anda, membaca postingan blog Anda, membeli produk atau bahkan melihat-lihat karya Anda, maka Anda dapat membangun situs yang sesuai untuk mereka. Dengan sejumlah informasi tersebut, Anda dapat menyesuaikan konten yang cocok untuk audience yang ada maupun untuk menarik audience baru. 

Navigator yang Lugas

Setelah menentukan tujuan dan target audience untuk website, Anda perlu membuat struktur dan navigasi website yang memudahkan audiens untuk mencari apa yang mereka butuhkan dari situs Anda. Struktur dan navigasi website memiliki pernanan yang cukup besar dalam mengurangi upaya kognitif yang diperlukan audiens untuk berpindah dari halaman satu ke halaman lainnya. 

Gaya yang Pas

Menentukan gaya yang pas untuk website adalah hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda perlu memperhatikan trend desain web yang umum. Misalnya, tekstur gulir dan elemen ‘datar’ adalah gaya desain yang bagus untuk menjaga tampilan website Anda tetap terlihat segar pada tahun 2021, serta membuatnya lebih mudah digunakan.

Memiliki Kualitas Gambar yang Bagus

Perlu Anda ketahui bahwa hampir semua website terbaik menampilkan gambar dengan berbagai macam tujuan, entah untuk memamerkan produk yang mereka jual, menciptakan mood tertentu, atau sekadar mengilustrasikan sesuatu yang lain. 

Konon, kualitas gambar yang ditampilkan pada website harus berkualitas tinggi, lho. Pasalnya, jika gambar yang ditampilkan pada website berkualitas rendah sehingga gambarnya kabur, maka akan membuat website tampak amatir. 

Menggunakan Font yang Mudah Dibaca

Bagi segelintir orang, pemilihan font adalah hal yang relatif tidak begitu penting. Namun, tahukah Anda bahwa jenis font yang tepat untuk website dipercaya dapat menambah performa tampilan situs? Pasalnya, audiens yang mengunjungi website Anda akan menghabiskan waktunya untuk membaca atau setidaknya memindai teks di website tersebut. 

Saat membuat website, Anda perlu mencoba berbagai jenis font untuk menemukan yang tepat. Penting bagi Anda untuk selalu mengingat tujuan website Anda dan kebutuhan audiensnya. 

Memilih Kata yang Tepat

Setelah memilih desain visual, gambar dan juga font, hal yang selanjutnya Anda lakukan adalah mengisi website menggunakan kata-kata yang tepat. Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa kata-kata yang dimuat dalam website menarik, mudah dibaca dan memiliki nada yang konsisten serta tidak berbelit.

Nah itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membuat website untuk kepentingan portofolio, karya maupun bisnis. Jika informasi tersebut terdengar cukup rumit, Anda tidak perlu khawatir. 

Anda bisa mengggunakan jasa pembuat website yang sekarang sudah mulai menjamur, lho. Pembuat website akan membuat website Anda dengan sangat baik, mulai dari desain hingga fitur-fitur tambahannya. 

Anda perlu bantuan untuk membuat website yang menarik bagi bisnis Anda? 
PenulisKonten.id ada di sini. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp. (Riri)

0 komentar

Apa pendapat Anda?