5 Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Hendak Menyewa Jasa Content Writer

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Hendak Menyewa Jasa Content Writer

PENULISKONTEN.ID - Jika Anda seorang pemilik bisnis atau founder suatu perusahaan, ada baiknya Anda memanfaatkan jasa content writer untuk membantu Anda melakukan content marketing.

Mengapa Harus Menyewa Content Writer?

Tugas-tugas content marketing bisa dikatakan bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda seorang pemilik bisnis atau founder perusahaan yang cukup sibuk, dan ingin lebih fokus pada pengembangan bisnis. Sedangkan untuk content marketing—baik itu di website maupun di media sosial—akan lebih baik jika Anda serahkan kepada mereka yang lebih profesional.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai kriteria jika Anda berniat untuk memanfaatkan jasa seorang content writer.

1. Keterampilan yang mumpuni

Sudah pasti, akan sangat lebih baik bagi Anda untuk bisa langsung mendapatkan content writer yang memiliki keterampilan menulis yang baik.

Untuk bisa memastikan tingkat keterampilan (calon) content writer Anda, mintalah sampel tulisan dari mereka. Namun, tak hanya sembarang sampel, mintalah sampel yang relevan dengan bisnis Anda, karena mereka nantinya akan menuliskan tentang bisnis dan produk Anda bukan?

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dari sampel mereka:

  • Keterbacaan
  • Tata bahasa dan tata kalimat
  • Ejaan yang sesuai
  • Gaya penulisan
  • Orisinalitas

Tempatkan diri Anda sebagai pembaca atau (calon) pelanggan yang sedang membutuhkan informasi di internet, dan “secara tidak sengaja” nyasar ke website atau media sosial Anda. Apakah hasil tulisan calon content writer Anda itu mampu memberikan pengalaman pelanggan yang Anda inginkan?

2. Jam terbang

Jam terbang, alias pengalaman, juga bisa menjadi salah satu indikator apakah content writer yang hendak Anda manfaatkan jasanya ini bakalan bisa merepresentasikan “suara” bisnis ataupun brand Anda melalui tulisannya.

Semakin lama jam terbang penulis, maka ia akan semakin peka terhadap segala sesuatu yang ada di sekitarnya, dan tentang segala sesuatu yang akan ditulisnya. Hal ini nanti akan berpengaruh pada pemilihan kata yang kaya, penggalian ide yang out of the box, dan kemauan untuk memperbaiki tulisan-tulisan agar lebih mampu menarik pembaca.

Anda dapat mengetahui tingkat pengalaman content writer ini dengan cara menanyakan, kapan mereka mulai menulis dan siapa saja yang pernah menjadi kliennya.

3. Spesialisasi

Satu orang penulis mungkin hanya menguasai satu atau dua niche, sedangkan penulis lain mungkin serbabisa. Mana yang lebih baik? Kembali lagi pada kebutuhan Anda.

Seorang content writer yang punya spesialisasi sudah pasti akan lebih menguasai topik tertentu. Keunggulannya sudah pasti, Anda akan lebih ringan dalam memberikan brief bagi mereka. Namun, bisa jadi mereka akan kurang dapat menunjukkan kinerja yang baik jika harus mengulik topik baru.

Penulis yang serbabisa pun juga akan dapat membantu Anda, karena biasanya mereka sangat terbuka akan banyak hal baru. Hanya saja mungkin akan perlu waktu penyesuaian sedikit lebih lama, karena mereka harus berproses dulu, alias belajar lagi.

Maka, kembali lagi pada kebutuhan Anda. Apakah niche bisnis Anda cukup populer, ataukah cukup spesifik? 

4. Antusiasme

Selalu pilihlah content writer yang punya semangat belajar yang tinggi. Pasalnya, semangat belajar adalah modal terbesar yang harus dimiliki oleh seorang content writer. Karena, semangat belajar akan menentukan seorang content writer bisa meriset suatu topik dengan baik atau tidak.

Untuk mengukur hal ini, Anda dapat menanyai mereka—baik melalui chat, pesan instan, ataupun langsung mengadakan meeting dengan content writer tersebut, dan ajak mereka ngobrol

5. Biaya

Ya, kita tidak akan menutup mata akan faktor yang satu ini.

Namun, sebagai informasi, bahwa kualitas akan selalu mengikuti harga. Ini adalah hukum ekonomi yang sangat wajar ditemukan di sektor apa pun. Begitu juga dengan content writer.

Untuk satu content writer mungkin Anda akan menemukan bahwa mereka memasang tarif yang lebih murah. Namun, pasti akan ada trade off untuk harga yang murah itu. Biasanya, kualitaslah yang akan berbicara.

Akan lebih baik bagi Anda untuk menginvestasikan sumber daya yang ada pada content writer yang Anda yakini mampu menyuarakan brand Anda dengan lebih baik.

Selain beberapa kriteria di atas, ada satu hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan ketika Anda hendak memanfaatkan jasa seorang content writer, yaitu nyambung tidaknya Anda dengan mereka.

Mungkin terdengar sepele, tetapi hal ini justru harus benar-benar menjadi perhatian Anda sejak awal, karena sudah pasti akan sulit bagi Anda untuk bekerja sama dengan mereka yang “tidak satu frekuensi”.

Karena itu, fase mengobrol di awal itu penting—baik mengobrol langsung secara verbal, misalnya dengan meetup, offline ataupun online, ataupun melalui chatting di WhatsApp dan aplikasi lainnya. Dari sini, Anda pasti akan dapat melihat, apakah content writer tersebut cocok atau tidak.

Kesimpulan

Konten yang Anda buat untuk target audience dan marketAnda adalah bagian terbesar dari proses kesuksesan bisnis Anda. Content marketing yang tepat akan dapat meningkatkan visibilitas dan otoritas Anda, dan akan menguatkan branding bisnis serta produk Anda.

Karenanya, akan lebih baik jika Anda serius dalam melakukannya. 

Penuliskonten.id dapat membantu Anda membuat strategi content marketing yang sesuai dengan ide dan strategi bisnis yang sudah dirumuskan.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?