5 Cara Paling Sederhana untuk Mulai Mempromosikan Bisnis Kecil

5 Cara Paling Sederhana untuk Mulai Mempromosikan Bisnis Kecil


Tak sedikit orang berkata, bahwa memiliki bisnis yang masih berskala kecil itu ternyata rumit. Ya, pastinya, mau berskala kecil atau besar, mengelola bisnis itu memang butuh keterampilan khusus. Apalagi jika Anda kurang menguasai bagaimana cara mempromosikan bisnis dengan baik.

Anda harus bersaing, tak hanya dari sesama bisnis kecil, tetapi kadang juga harus berhadapan dengan mereka yang sudah lama berkecimpung dan memiliki produksi berskala besar.

Tetapi, sebenarnya hal ini bisa Anda akali. Terutama terkait segmentasi pasar, dan kemudian diikuti dengan strategi promosi bisnis yang tepat.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis kecil Anda.

Strategi Mempromosikan Bisnis Kecil

1. Buat iklan yang bagus

Iklan memang merupakan alat promosi terbaik yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang pengin memperkenalkan bisnisnya kepada pasar.

So, pikirkanlah konsep hingga eksekusi iklan Anda dengan saksama.

Zaman sekarang, iklan tak harus berarti muncul di baliho, acara televisi, ataupun radio. Iklan di media sosial pun sering dapat memberikan konversi pelanggan yang baik, jika digarap dengan bersungguh-sungguh. Dan, bisnis Anda yang masih skala kecil pasti tak akan terhambat untuk dapat mengeksekusi iklan yang bagus, asalkan Anda punya kreativitas yang cukup.

Jika pengin lebih efisien lagi, Anda bisa memanfaatkan jasa digital marketer untuk membuat konsep, desain, hingga mengeksekusi iklan Anda. Seperti PenulisKonten.id, misalnya. Dengan demikian, Anda tak perlu repot-repot, dan bisa fokus pada masalah bisnis lainnya.

2. Manfaatkan media sosial

Media sosial merupakan alat yang cukup efisien untuk mempromosikan bisnis di era digital ini. Apalagi sekarang kita masih dalam masa pandemi, ketika sebagian besar orang masih mengurangi aktivitas mereka harian di luar, dan lebih banyak berkutat dengan smartphone masing-masing.

Maka media sosial bisa menjadi awal yang baik untuk Anda mulai mempromosikan bisnis. Media sosial akan memiliki kontribusi yang banyak bagi perkembangan bisnis Anda. Anda dapat terhubung dengan (calon) pelanggan Anda. Anda juga dapat menggunakannya sebagai sarana pemasaran, maupun channel komplain.

Salah satu hal hebat ketika memiliki bisnis kecil adalah Anda tidak perlu membuat anggaran yang terlalu besar untuk marketing social media ini. Ada banyak sumber daya gratis yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda di berbagai platform media sosial. Namun tentu saja, jika Anda menginginkan impact dan konversi yang cukup besar, Anda harus menyediakan modal yang cukup. Namun, jika dibandingkan dengan marketing offline, tetap saja lebih terjangkau.

Tak perlu memiliki akun di semua platform media sosial. Anda bisa mempertimbangkan dan menentukan mana yang paling bisa mewakili target pasar Anda. Kemudian, Anda fokus menggarapnya.

3. Miliki website yang representatif

Selain media sosial, sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis, Anda juga akan perlu memiliki website yang representatif.

Tapi, kan bisnisnya masih skala kecil? Memangnya harus punya website ya? Kan, sudah pakai marketplace juga?

Website ibaratnya adalah toko resmi Anda di dunia maya. Sedangkan media sosial bisa diibaratkan Anda membuka counter layanan di ruang publik, misalnya di car free day. Membuka lapak di marketplace memang merupakan langkah yang baik untuk membangun bisnis. Tetapi, layaknya membuka lapak di mal, ketika malnya tutup, maka tak bisa tidak, Anda pun harus menutup lapak Anda.

Punya website artinya Anda memiliki toko pribadi. Ketika media sosial ataupun marketplace ada kendala, Anda masih punya “toko” sendiri sebagai tempat Anda mempromosikan bisnis.

Temukan profesional yang tepat, yang bisa membantu Anda membuat website yang representatif. PenulisKonten.id juga menyediakan jasa pengembangan website simpel untuk UMKM loh. Silakan hubungi kami jika Anda butuh bantuan ya.

4. Buat event

Event juga bisa jadi media mempromosikan bisnis yang efektif. Zaman sekarang, Anda juga sudah bisa menyelenggarakan event virtual, yang bisa mengundang banyak orang bahkan tak terbatas ruang.

Anda membuat event webinar yang dapat menunjukkan keahlian Anda di bidang bisnis yang digeluti. Misalnya saja, bisnis Anda adalah berjualan alat-alat crafting. Anda bisa membuat kelas-kelas online bagi mereka yang belajar crafting, mulai dari macrame, knitting, bahkan sampai hand lettering.

Dengan membuat kelas, Anda tak hanya bisa mempromosikan bisnis Anda tetapi juga bisa membagikan keahlian, sehingga orang benar-benar percaya bahwa Anda memang ahli di bidangnya.

5. Manfaatkan momentum

Selama satu tahun pasti terdapat tanggal merah karena ada perayaan tertentu, misalnya hari raya keagamaan seperti hari raya Idulfitri, Natal, dan sebagainya. Atau juga hari-hari penting lainnya, mulai dari Hari Ibu, Hari Guru, dan sejenisnya. 

Anda dapat melakukan promosi pada saat perayaan-perayaan tersebut. Anda dapat memberikan penawaran dengan harga terbaik pada hari-hari tersebut. Jangan lupa juga untuk ikut keramaian-keramaian, misalnya seperti Hari Belanja Online Nasional yang dalam satu tahun bisa beberapa kali diadakan.

Buatlah konsep tertentu mengenai produk Anda sehingga pas dengan momen tersebut. Misalnya Anda memiliki usaha UMKM yang memproduksi cokelat. Anda dapat memberikan penawaran berupa diskon pada saat menjelang Valentine. Kalau perlu, ubah desain kemasan agar lebih sesuai dengan momennya. 

Biasanya, pelanggan akan berbondong-bondong mencari barang yang berhubungan dengan momen tersebut. Memberikan diskon saat momen-momen tersebut akan membuat orang lebih tertarik dengan produk Anda. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Pilihlah cara yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda.

Siap untuk mempromosikan bisnis Anda sekarang?


0 komentar

Apa pendapat Anda?