Sudahkah Bisnis Anda Daftar QRIS dan Menyediakan Fasilitasnya?

 Daftar QRIS dengan SooltanPay


Di zaman dengan teknologi yang sangat berkembang ini, rasanya sangat penting bagi Anda para pemilik bisnis untuk juga mengikutinya. Pasalnya, teknologi memang menawarkan kepraktisan yang lebih disukai oleh pelanggan. Salah satunya soal pembayaran. Apakah Anda sudah daftar QRIS?

Apa sih QRIS? Jika Anda sendiri sedang belanja, jalan-jalan, atau kulineran, dan kemudian melakukan transaksi, biasanya kita bisa membayar dengan uang cash atau mungkin dengan kartu kredit. Namun, di zaman sekarang, opsi pembayaran transaksi ini bisa dengan berbagai macam cara. Bisa dengan debit, dompet digital, hingga QRIS.

Apakah Anda sudah pernah melakukan pembayaran dengan QRIS ini? Membayar dengan QRIS itu sangatlah mudah, karena cashless dan tentunya, aman. So, enggak heran sih, sekarang semakin banyak orang memilih untuk menggunakannya, alih-alih membayar dengan uang cash.

Nah, jika Anda sendiri saja suka berbelanja dan bertransaksi dengan mudah, mengapa Anda tak menyediakan fasilitas pembayaran ini juga dalam bisnis Anda kan?

Apa Itu QRIS?

QRIS, atau Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standar yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengambil informasi dari kode QR di Indonesia. QRIS dikembangkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan diterapkan oleh berbagai industri di Indonesia, seperti perbankan, telekomunikasi, dan retail. 

QRIS mengikuti standar internasional ISO/IEC 18004 dan menambahkan beberapa fitur tambahan untuk memenuhi kebutuhan di Indonesia, seperti kompatibilitas dengan sistem pembayaran elektronik. QRIS juga digunakan untuk memberikan akses cepat dan aman ke informasi, seperti data pembayaran, data produk, atau data kontak.

Mengapa Harus Menggunakan QRIS?

Nah, ini nih yang sudah disinggung sedikit di atas. Ada beberapa alasan mengapa pebisnis sekarang harus memiliki QRIS, di antaranya:

  • Kemudahan pembayaran: QRIS dapat digunakan untuk membuat pembayaran elektronik yang cepat dan mudah, sehingga memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi tanpa harus menggunakan uang tunai.
  • Peningkatan efisiensi: QRIS dapat digunakan untuk membuat proses transaksi lebih cepat dan efisien, sehingga dapat meningkatkan produktivitas bisnis.
  • Peningkatan keamanan: QRIS dapat digunakan untuk membuat transaksi lebih aman dengan menghilangkan risiko uang palsu dan pencurian identitas.
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan: QRIS dapat digunakan untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih baik bagi pelanggan dengan menyediakan informasi produk atau layanan secara cepat dan mudah.
  • Peningkatan aksesibilitas: QRIS dapat digunakan untuk membuat informasi produk atau layanan yang tersedia untuk semua orang dengan mudah diakses melalui kode QR.
  • Standar yang diterima: QRIS adalah standar yang diterima oleh berbagai industri di Indonesia, sehingga membuat bisnis lebih terintegrasi dengan sistem pembayaran elektronik dan layanan lainnya yang digunakan oleh industri tersebut.

Nah, sampai di sini, Anda pasti bisa melihat bahwa keuntungan menggunakan QRIS ini banyak sekali, terutama jika bisnis Anda memang menuntut untuk adanya transaksi langsung dengan pelanggan.  Pendek kata, saat pelanggan dipermudah proses pembeliannya—termasuk di dalamnya dipermudah pembayarannya—maka seharusnya sih tak ada alasan bagi mereka untuk tidak jadi membeli produk Anda. Apalagi jika memang produk yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka, berkualitas bagus, pun harganya terjangkau.

Lalu, apakah hanya bisnis tertentu saja yang boleh menggunakan QRIS? Barangkali pertanyaan ini kemudian muncul di benak, lantaran Anda sering melihat fasilitas QRIS ini ada di berbagai gerai besar.

Sebenarnya sih, enggak ada ketentuan skala bisnis untuk bisa menggunakan QRIS.

Siapa Saja yang Dapat Menggunakan QRIS?

Bisa dikatakan, bisnis mana pun bisa menggunakan QRIS. Namun, dikutip dari beberapa sumber, beberapa jenis bisnis berikut, wajib banget untuk menggunakan QRIS demi kelancaran, kenyamanan, dan keamanan pelanggannya. Jenis bisnis apa sajakah?

Di antaranya:

  • Perbankan: QRIS dapat digunakan oleh bank-bank untuk membuat sistem pembayaran elektronik yang cepat dan aman.
  • Layanan Keuangan: QRIS dapat digunakan oleh perusahaan layanan keuangan seperti asuransi atau investasi.
  • Telekomunikasi: QRIS dapat digunakan oleh perusahaan telekomunikasi untuk memberikan layanan pembayaran elektronik dan informasi produk kepada pelanggan.
  • Layanan Publik: QRIS dapat digunakan oleh pemerintah dan institusi publik untuk memberikan layanan publik seperti pembayaran pajak, pembayaran tagihan listrik, dan sebagainya dengan cepat dan aman.
  • Layanan Transportasi: QRIS dapat digunakan oleh perusahaan transportasi seperti bus, kereta api, dan sebagainya. Nah, ini Anda mungkin sudah sering menggunakan QRIS untuk naik MRT, KRL, TransJakarta, dan sejenisnya.

Nah, selain 5 jenis bisnis di atas yang sebaiknya menggunakan QRIS, UMKM, bisnis retail dan bisnis kecil juga perlu banget punya QRIS. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan transaksi segala jenis produk atau jasa, yang memungkinkan sistem pembayaran yang cepat dan mudah. Dengan QRIS, semua terintegrasi, Anda juga tak perlu pusing dengan uang kembalian.

So, bagi Anda yang sekarang sudah tertarik untuk menggunakan QRIS, cara untuk daftar QRIS dan membuatnya cukup sederhana kok. Anda bisa memanfaatkan Sooltanpay yang sangat mudah.

Cara Daftar QRIS melalui SooltanPay

Sebelum daftar QRIS, ada beberapa ketentuan yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, yaitu:

  • Pastikan QRIS yang Anda dapatkan nantinya harus memenuhi persyaratan teknis yang sudah ditentukan oleh Bank Indonesia, seperti ukuran, resolusi, dan lain sebagainya.
  • Bisnis yang menggunakan QRIS harus memiliki izin usaha yang sesuai dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh Bank Indonesia.
  • Bisnis harus memastikan bahwa QRIS yang digunakan aman dan tidak membahayakan privasi pelanggan. So, pastikan betul standar keamanan dan perlindungan data yang ditentukan oleh Bank Indonesia dapat dipenuhi ya.
  • Bisnis harus memastikan bahwa QRIS yang digunakan dapat digunakan dengan perangkat pembayaran yang tersedia di pasar, seperti kartu kredit, debit, atau e-wallet.
  • Pastikan QRIS yang digunakan selalu di-update dengan baik agar tetap berfungsi dengan baik.
  • Bisnis harus memberikan transparansi dan akuntabilitas yang cukup dalam pelaporan transaksi yang dilakukan melalui QRIS.
  • Bisnis harus memantau dan mengawasi transaksi yang dilakukan melalui QRIS dan melaporkan setiap transaksi yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Bisnis harus memiliki mekanisme untuk menangani kesalahan dan keluhan yang diajukan oleh pelanggan yang menggunakan QRIS.

Nah, jika Anda sudah memperhatikan berbagai ketentuan di atas, selanjutnya Anda dapat mulai proses daftar QRIS. Berikut langkah-langkah untuk melakukan daftar QRIS melalui SooltanPay, yang akan membantu Anda daftar QRIS gratis MDR 0% sehari jadi.

  • Download aplikasi SooltanPay melalui PlayStore atau melalui website resmi SooltanPay.
  • Registrasi dan isi data diri dan data usaha sesuai yang diminta.
  • Siapkan syarat yang diminta, meliputi No HP yang masih aktif, KTP, foto identitas usaha, dan rekening apa saja

Dengan SooltanPay, daftar QRIS cuma sehari dan bisa langsung Anda gunakan.

Ada juga promonya nih, kalau Anda daftar QRIS sekarang dengan SooltanPay. Pakai kode referral "CAROLINA" saat mendaftar, maka akan mendapatkan saldo Rp15.000!

Demikian penjelasan seluk-beluk tentang QRIS, dan mengapa bisnis Anda sebaiknya juga menggunakannya. Ingat, pelanggan dipermudah, maka mereka pun akan dengan senang hati berbelanja kebutuhan mereka pada Anda.


0 komentar

Apa pendapat Anda?