5 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Situs Bisnis Pasca Pandemi

5 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Situs Bisnis Pasca Pandemi

PENULISKONTEN.ID - Pandemi COVID-19 di Indonesia telah berlangsung cukup lama, setahun hingga Maret ini, sehingga mau tidak mau pandemi mengubah kehidupan kita saat ini. 

Namun, meski pandemi memberikan dampak negatif pada umumnya, ada juga yang justru bisnisnya berkembang. Salah satu hal yang dapat membantu untuk mempertahankan bisnis saat pandemi adalah meningkatkan penjualan secara online. 

Yes, pandemi membuat tren belanja melalui e-commerce meningkat cukup signifikan. Seiring berjalannya waktu, e-commerce semakin bertransformasi menjadi lebih baik sehingga belanja online menjadi suatu solusi yang tepat untuk dapat berbelanja di tengah pandemi. 

Setelah pandemi, banyak hal akan kembali normal, salah satunya bisnis terutama yang berskala kecil. 

Nah, jika Anda adalah pemilik bisnis dan berharap bisnis Anda akan berlanjut, maka memiliki situs khusus untuk bisnis adalah satu hal yang wajib Anda lakukan.

5 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Situs Bisnis di Masa Pasca Pandemi

Tak Ada Bisnis yang Tak Punya Website Sendiri

Seiring perkembangan zaman, teknologi juga akan terus berkembang. Proses digitalisasi pun telah mencakup ke segala aspek. 

Ketika pandemi, banyak perusahaan akhirnya "hanya" dapat mengandalkan pemasaran secara online. Dan, setelah pandemi COVID-19 berakhir, akan tidak ada lagi perusahaan yang tidak terpengaruh oleh internet. Bahkan, sampai saat ini sebagian besar perusahan telah memiliki website.

Salah satu pelajaran penting yang dapat dipetik dari COVID-19 adalah melakukan bisnis online bisa jadi langkah yang sangat tepat. Mau tidak mau, perusahaan yang belum pernah menjalankan bisnis online harus belajar juga pemasaran digital, dan beradaptasi supaya tetap mempertahankan bisnis yang telah ada, bahkan dapat mengembangkan bisnis meskipun sedang pandemi. 

Anda memerlukan webiste sebagai "toko" Anda di dunia maya, untuk berkomunikasi dengan pelanggan, serta menaruh berbagai informasi yang perlu diketahui oleh orang banyak.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan memiliki website sendiri. Meskipun mungkin bisnis Anda masih berskala kecil, tak ada salahnya juga untuk tetap punya website bisnis sendiri. Justru, dengan memiliki website sendiri, ini menunjukkan bahwa bisnis Anda legal, profesional, dan dapat dipercaya.

Integrasikan dengan Media Sosial

Begitu Anda mulai memikirkan hendak membuat website bisnis, maka saat itu pula, Anda juga harus memikirkan keberadaan bisnis di media sosial. Punya situs tanpa menghubungkannya dengan media sosial sama saja dengan punya rumah, tetapi tak mau bergaul dengan tetangga sekitar atau terlibat dalam kegiatan sosial. Dampaknya mungkin tak langsung terasa, tetapi yang pasti, bisnis Anda pasti akan dalam masalah pada akhirnya.

So, siapkan akun-akun media sosial--sebisa mungkin dengan nama yang sama dengan website bisnis--Anda, dan segera isi dengan berbagai informasi yang berguna.

Lengkapi dengan Berbagai Metode Pembayaran

Zaman sekarang yang serbamudah juga menuntut para pemilik bisnis untuk menyediakan berbagai metode pembayaran yang praktis dan mudah, sehingga tak membuat pelanggan kesulitan untuk place order.

Pelanggan Anda tinggal menggunakan aplikasi m-banking atau aplikasi dompet digital, yang mana saat ini sudah banyak juga macamnya.

Strategi Konten

Strategi konten yang tepat pastinya akan membuat situs web Anda akan lebih banyak dikunjungi. Satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah jenis konten yang perlu Anda miliki.

Ada beberapa konten website yang dapat menarik pengunjung, dan membuat mereka tinggal lebih lama di website, di antaranya konten how to's atau panduan, konten story telling, dan konten interaktif, misalnya seperti kuis atau sejenisnya. Perkaya konten Anda, tetapi yang pasti, berikan manfaat untuk pelanggan dan calon pelanggan yang mampir ke website Anda.

Anda bisa mengisi konten mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bisnis Anda. Misalnya Anda memiliki bisnis menjual sepatu, maka di situs web Anda bisa mengisi konten bagaimana cara merawat sepatu, jenis-jenis sepatu yang harus dikenal, dan sebagainya. Jika bisnis Anda telah berdiri lama, Anda bisa menambahkan konten mengenai perjalanan bisnis Anda.

Konten dapat meningkatkan penjualan, dan dapat menambah peluang Anda untuk lebih dikenal daripada kompetitor. 

Pastikan Responsif dan Ramah Mesin Pencari

Last but not least, pastikan website Anda ramah bagi pelanggan maupun bagi mesin pencari.

Saat ini, orang akan cenderung untuk berselancar menggunakan ponsel. Oleh sebab itu, adalah penting bagi Anda untuk memastikan bahwa desain website Anda responsif dan ramah digunakan dari perangkat handphone paling sederhana sekalipun.

Tak hanya ramah bagi pelanggan (baca: manusia), pastikan website Anda juga ramah untuk robot crawler dari mesin pencari, mulai dari Google, Yahoo, Bing, dan kawan-kawan.


Nah, itu dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mengembangkan website bisnis terutama di masa pasca pandemi.

Apakah Anda siap?

Ataukah, Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola konten di website maupun media sosial Anda? Penuliskonten.id dapat membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan ide dan strategi bisnis yang sudah dirumuskan.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?