Bagaimana Memperoleh Job yang Konsisten sebagai Freelancer?

Bagaimana Memperoleh Job yang Konsisten sebagai Freelancer?

Bekerja sebagai freelancer memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Karena Anda bisa bekerja di mana pun dan kapan pun sesuai kebutuhan masing-masing. 

Namun, ada sisi lain dari bekerja sebagai freelancer ini. Akan ada saatnya Anda memperoleh banyak job sekaligus sampai-sampai harus keteteran dan begadang selama beberapa hari. Namun, bisa jadi nih, di lain waktu Anda tidak memperoleh job sama sekali sehingga pemasukan atau penghasilan pun terdampak.

Masalah seperti ini sangatlah umum bagi setiap freelancer. Mungkin juga, ini adalah masalah terbesar. Namun, Anda perlu tahu. Bahwa banyak juga freelancer yang bisa memperoleh pendapatan yang stabil dan dengan jam kerja yang masuk akal. Kok bisa ya? Bisa, karena para freelancer ini biasanya melakukan kontrak kerja dengan klien, atas keahliannya yang spesifik. Karena kontrak panjang, maka job dan pendapatan pun bisa didapatkan secara konsisten.

Well, mungkin nggak semua freelancer menganggapnya ideal sih, karena ya ada yang berpendapat, kalau teratur seperti itu lantas apa bedanya dengan karyawan kantoran? Namun, perlu diingat, bahwa meski terkontrak, statusnya tetaplah freelancer. Ia bisa bekerja di mana pun sesuai jadwal yang disepakati. Bisa jadi, sekali waktu diminta untuk ngantor, tetapi ada pula yang full remote.

Kalau dipikir-pikir, sistem kerja begini memang yang paling aman. Setidaknya, bisa menunda rasa khawatir dan waswas apakah bulan depan masih bisa dapat penghasilan atau tidak.

Hidup bisa tertata dengan lebih baik. Work life balance pun berpeluang lebih besar untuk tercapai.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa memperoleh job atau kontrak yang panjang sebagai freelancer ini?

Kerjakan Sebaik Mungkin

Salah satu cara terbaik untuk memperoleh pekerjaan yang konsisten sebagai freelancer adalah dengan menyelesaikan setiap kerja yang sebaik mungkin. 

So, Anda sebaiknya mengikuti instruksi yang diberikan oleh klien, dan berikanlah yang terbaik yang Anda bisa. Ya, tentu saja tetap harus menyesuaikannya dengan kemampuan ya. Namun, ketika Anda (terlihat) berusaha keras, klien juga akan dapat melihat bahwa Anda mampu dan bisa memberikan yang lebih banyak. Dengan demikian, klien akan lebih terbuka dan lebih senang memakai jasa Anda untuk jangka panjang.

Umumnya, klien akan minta percobaan dulu, sebelum memberikan pekerjaan untuk jangka panjang. Inilah alasannya mengapa Anda harus memberikan yang terbaik ketika memulai suatu project karena dapat memperoleh kepercayaan klien sehingga pekerjaan yang konsisten dapat diperoleh.

Mulailah dari One Time Only

Ketika Anda baru mulai sebagai seorang freelancer, maka pastinya Anda ingin mengikuti berbagai project yang menarik dan mengambil berapa pun nilai project-nya. Of course, project apa pun adalah awal yang bagus. Sebaiknya memang Anda jangan terlalu memilih pekerjaan. Kadang memang mungkin nilainya terlalu kecil, tapi coba proyeksikan siapa tahu potensial untuk jangka panjang.

Often times, job jangka panjang dimulai dari proyek-proyek kecil. So, jangan sepelekan yang kecil-kecil.

Pilih Jasa yang Bisa Dilakukan untuk Jangka Panjang

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh pekerjaan yang konsisten sebagai freelancer adalah dengan menawarkan jasa yang berpotensi untuk jangka panjang. Contoh jasa dengan kategori ini adalah penulisan artikel, SEO, admin media sosial, asisten virtual, dan lainnya. 

Anda bisa menemukan banyak klien yang membutuhkan jasa ini untuk jangka waktu bulanan, semesteran, ataupun per tahun. 

Jika Anda memiliki keahlian dan menawarkan jasa yang sifatnya one time only seperti desain website, maka berilah penawaran bulanan yang disertai dengan layanan maintenance sehingga klien akan merasa lebih terbantu. 

Jika Anda adalah seorang fotografer, maka jalinlah kerja sama  dengan event organizer, sehinga ketika ada project maka mereka akan memakai jasa fotografi Anda secara kontinyu.

Follow up

Pekerjaan freelance yang diidamkan adalah yang stabil dan cukup untuk memenuhi kebutuhan. 

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencoba menyapa klien-klien terdahulu. Tanyakan kabar mereka, bagaimana bisnis mereka berkembang, dan pastikan juga Anda memberikan pesan terima kasih karena telah mempercayakan satu atau dua project sebelumnya.

Setelah itu, coba berikan penawaran layanan yang sifatnya jangka panjang. Jika mereka tertarik maka jasa Anda akan dipakai terus menerus. Anda juga bisa menyertakan apa saja keahlian yang dimiliki sekarang, dan diperkirakan berguna untuk mereka. Anda juga bisa meminta agar klien mau merekomendasikan layanan Anda kepada network yang mereka miliki. Siapa tahu, rekan mereka yang lain ada yang butuh jasa Anda.

Melakukan hal ini sangatlah mudah, Anda tinggal membuat pesan yang baik, menarik dan tetap sopan. Namun, pastikan kalimatnya efektif agar klien mudah memahami isi pesan Anda.

Kesimpulan

Menjadi seorang freelancer tidak berarti harus mengalami waktu kerja yang tak berbatas, ataupun pendapatan yang tak pasti.

Anda juga bisa membuat sistem sendiri dan memperoleh pekerjaan yang konsisten sebagai freelancer. Cara ini juga akan membuat Anda memperoleh pendapatan tetap setiap bulannya. 

Bagaimana menurut Anda? Anda lebih suka mendapatkan job yang teratur, ataukah lebih cocok untuk job yang sifatnya one time only?

Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat artikel web yang readable, likeable, dan shareable seperti ini, PenulisKonten.id dapat membantu Anda. Silakan hubungi kami via email ataupun WhatsApp

0 komentar

Apa pendapat Anda?