Bagaimana Menentukan Target Pembaca untuk Website Bisnis?

Bagaimana Menentukan Target Pembaca untuk Website Bisnis?

PENULISKONTEN.ID - Orang-orang pasti berpikir bahwa SEO merupakan saluran pemasaran yang digerakkan oleh kata kunci semata. Akan tetapi pada kenyataannya jika Anda benar-benar ingin mendorong pertumbuhan pada website bisnis Anda, maka PR utama justru adalah mengetahui siapa target pembaca, dan bagaimana menempatkan bisnis Anda pada SERP di hadapan mereka.

Karenanya, Anda harus hati-hati dalam mendefinisikan target pembaca ini sehingga dapat mempersiapkan strategi yang paling tepat. 

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan traffic dari pasar yang tepat, dengan konten yang tepat pula, pada titik yang tepat.

Apa  itu Target Pembaca?

Target pembaca adalah orang-orang yang ingin Anda tarik untuk mengunjungi website bisnis yang Anda miliki. Mereka adalah orang-orang yang mencari di Google atau mesin pencari lain untuk mencari informasi atau layanan tertentu, yang secara kebetulan dapat Anda sediakan. 

Dengan kata lain, mereka adalah pelanggan atau klien masa depan Anda.

Mendefinisikan target pembaca berarti Anda sedang memberi gambaran mengenai siapa yang butuh informasi dan mencari dengan kata kunci yang dapat mengarahkan mereka ke website bisnis Anda. Setelah mengetahui siapa orang-orang ini, Anda dapat mengembangkan strategi yang lebih baik--karena Anda tahu, kepada siapa konten website bisnis akan ditujukan, dan menempatkan taktik yang tepat untuk memastikan website bisnis milik Anda terlihat di Google.

Target Pembaca vs. Persona Pembeli

Target pembaca adalah sekelompok orang yang telah diidentifikasi yang besar kemungkinan akan tertarik dengan produk atau layanan yang akan ditawarkan. Dengan kata lain, bisa dibilang, kelompok ini adalah pelanggan ideal Anda.

Sedangkan, apa itu persona pembeli?

Persona pembeli adalah penggambaran abstrak dari pelanggan ideal berdasarkan data kualitatif dan kuantitatif dari survei pasar / pesaing dan profil pelanggan yang ada. Bisa dikatakan, persona pembeli akan butuh penggalian data dan informasi yang lebih dalam dari target pembaca. Biasanya ini dilakukan ketika Anda sedang menentukan identitas brand bisnis. Di dalamnya termasuk data demografi, minat, sampai ke kebiasaan membeli mereka.

Mengapa Anda Perlu Memahami Siapa Target Pembaca Anda?

Ada orang yang beranggapan, bahwa lebih banyak orang mengunjungi website akan lebih baik.

Tetapi, jika Anda hendak melejitkan traffic website bisnis, maka cara ini akan kurang efektif. Mengapa? 

Katakanlah rata-rata pengunjung memiliki peluang 20% untuk tertarik untuk membeli produk. Jika dalam satu waktu ada 1000 orang yang mengunjungi website tersebut, maka akan ada peluang sebanyak 200 pengunjung yang akan tertarik untuk membeli. 

Dengan menargetkan pasar, maka peluang untuk menarik orang yang benar-benar berminat akan semakin besar. Bisa saja kunjungannya akan lebih sedikit. Misalnya jadi 800 orang. Tetapi, dengan tertarget, peluang bisa meningkat menjadi 50%. Ini artinya kira-kira akan ada 400 orang yang tertarik untuk membeli, karena memang mereka sedang membutuhkan barang yang ditawarkan tersebut.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk memahami target pembaca, maka traffic web pun akan terdorong, dengan datangnya (calon) pelanggan dan klien potensial yang tepat juga. 

Pada akhirnya, penargetan pembaca ini dapat meningkatkan keuntungan yang lebih signifikan pada bisnis.

7 Cara untuk Menentukan Target Pembaca

1. Pelajari pelanggan yang sudah ada

Jika ingin memahami siapa target pembaca Anda, maka mulailah dengan melihat pelanggan yang ada saat ini. 

Jika sudah punya tim penjualan, Anda bisa menggali informasi dari mereka. Jika tidak , cermati pelanggan-pelanggan yang sejauh ini sudah memanfaatkan jasa layanan ataupun membeli produk yang Anda jual. Profilkan mereka satu per satu, dan Anda akan mendapatkan gambaran seperti apa target pembaca website bisnis yang sedang Anda kembangkan. 

Jika kebetulan sudah ada website bisnis, data pelanggan juga bisa diperoleh dari Google Analytics. So, pastikan Google Analytics ini sudah terinstal dengan benar di website ya.

2. Manfaatkan Media Sosial

Zaman sekarang, media sosial pun bisa dimanfaatkan untuk menarik target pembaca yang potensial. Selain berpromosi, Anda bisa mempergunakan media sosial untuk mencari tahu kebutuhan (calon) pelanggan Anda.

Di Instagram, ada Instagram Insight. Demikian pula di Facebook dan Twitter, masing-masing menyediakan data statistik yang dapat dianalisis sesuai kebutuhan.

3. Analisis SERP

Analisis SERP juga dapat menyediakan data mengenai gambaran seperti apa pembaca yang perlu Anda targetkan. 

Anda bisa googling kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, dan lihat peringkatnya. Perhatikan, apakah dominasi hasil pencariannya merupakan konten transaksional atau informasi, karena ini akan membantu Anda menentukan tujuan pencarian, atau search intent dari para target pembaca.

Secara khusus, perhatikan tema umum di seluruh halaman konten dan kata kunci yang sedang dioptimalkan untuk dan produk atau layanan yang sedang dipromosikan.

4. Kenali Pesaing

Semakin banyak Anda tahu tentang pesaing Anda dan siapa yang mereka targetkan dengan strategi SEO, maka semakin baik Anda dalam menentukan audiens target Anda. 

Ada beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan untuk memonitor posisi kompetitor. Seperti Semrush Organic Research Tool, atau bisa juga menggunakan Ubersuggest. 

Secara khusus, perhatikan beberapa hal penting berikut:

  • Peringkat kata kunci
  • Halaman teratas
  • Volume kata kunci per bulan

Dengan mengetahui data-data ini, Anda akan dengan mudah merumuskan strategi yang paling jitu untuk menggaet target pembaca untuk website bisnis yang hendak Anda kembangkan.

5. Survei

Jika ingin benar-benar tahu seperti apa dan siapa target pembaca, berikut konten yang ingin mereka konsumsi, dan bagaimana mereka ingin ditargetkan secara online, lakukanlah survei kepada mereka yang sudah membeli produk atau jasa Anda.

Dengan mensurvei dan mewawancarai pelanggan, maka Anda juga dapat memahami profil target pembaca. Setelah mendapatkan gambarannya secara jelas, segeralah cari tren dari data hasil wawancara.

Demikianlah sedikit tip untuk menentukan target pembaca website bisnis.

Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola konten di website maupun media sosial Anda? Penuliskonten.id dapat membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan ide dan strategi bisnis yang sudah dirumuskan.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?